[HOAKS] - MINUM KOPI 3 X SEHARI DAPAT MENANGKAL COVID-19

Share :        
Kamis, 24 Sep 2020

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan berita dari CNN bahwa minum kopi tiga kali sehari dapat menangkal Covid-19. Dijelaskan bahwa Dr. Li Wenliang, dokter dari China yang meninggal karena Covid-19 telah mendokumentasikan file kasus untuk tujuan penelitian bahwa bahan kimia Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline dapat merangsang senyawa yang dapat menangkal virus dan bahan-bahan tersebut adalah Kopi. Staf rumah sakit di China sudah mulai menyajikan Kopi kepada pasien 3 kali sehari sehingga pandemi di Wuhan telah dapat teratasi. Pesan menyertakan link berita dari stylo.grid.id (26/03/2020) berjudul "4 Fakta Kopi Bisa Tingkatkan Imun untuk Cegah Virus Corona".

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam liputan6.com (21/09/2020) bahwa ditemukan adanya artikel berjudul "Fact Check: Did dr Li Wenliang Claim That Coffee Could Be A Cure For Coronavirus?" yang dimuat situs republicworld.com, pada 9 Juni 2020. Artikel dari situs republicworld.com menyebutkan, berita pengobatan kopi dr Li Wenliang adalah palsu dan menyesatkan.

Pesan tersebut mirip dengan klaim palsu lainnya bahwa dr Li Wenliang telah menyarankan teh untuk Covid-19. Jika kedua klaim tersebut dibandingkan, dapat dilihat bahwa isi pesannya sama dan hanya mengganti kata "Teh" dengan kata "Kopi". Selain itu juga dijelaskan bahwa dr Li Wenliang bukan dokter ahli virus melainkan seorang dokter mata.

Situs berita CNN pun tidak pernah menampilkan artikel apapun berdasarkan berkas kasus oleh dr Wenliang, sehingga dapat dipastikan bahwa informasi tersebut adalah palsu dan menyesatkan.

Sementara berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI), sebuah divisi dari National Library of Medicine (NLM) di National Institutes of Health (NIH) Amerika Serikat, terdapat banyak laporan yang mencantumkan manfaat dan kerugian Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline, tetapi tidak ada yang menunjukkan bahwa ketiganya dapat menyembuhkan virus corona baru atau virus lain dari keluarga yang sama.

Sedangkan dalam artikel di stylo.grid.id (26/03/2020) berjudul "4 Fakta Kopi Bisa Tingkatkan Imun untuk Cegah Virus Corona", memang dijelaskan bahwa minum kopi bisa meningkatkan imun dan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan namun konsumsi kopi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

KESIMPULAN
Informasi tentang berita dari CNN bahwa minum kopi tiga kali sehari dapat menangkal Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, situs berita CNN tidak pernah menampilkan artikel apapun berdasarkan berkas kasus oleh dr Li Wenliang dan belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline dapat menyembuhkan virus corona baru atau virus lain dari keluarga yang sama.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4361580/cek-fakta-tidak-benar-informasi-minum-kopi-bisa-menangkal-covid-19-dari-dokter-li-wenliang
2. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-minum-kopi-3-x-sehari-untuk-menangkal-covid-19
3. https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/07/122900365/hoaks-minum-kopi-3-kali-sehari-sembuhkan-covid-19?page=all
4. https://stylo.grid.id/read/142077938/4-fakta-kopi-bisa-tingkatkan-imun-untuk-cegah-virus-corona