[HOAKS] - MINYAK KAYU PUTIH CEGAH CORONA DAN HAMBAT REPLIKASI COVID-19

Share :        
Jumat, 12 Jun 2020

DISINFORMASI

Beredar pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp yang berisi tentang kesaksian anak Prof. Idrus Paturusi, dr. Indrianti Idrus, Sp. KK tentang khasiat minyak kayu putih yang terbukti berkhasiat mencegah dan mengobati penyakit Covid19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran mengarah pada artikel berjudul " Ini Tulisan Asli dr Idrianti Putri Prof Idrus Terkait Corona dan Minyak Kayu Putih" yang dimuat melalui media online  pada 9 Juni 2020. Artikel itu menyebutkan, dr. Indrianti menceritakan sang ayah sembuh dari Covid-19 menggunakan minyak kayu putih. Dalam tulisannya itu, dia menegaskan bahwa terapi tersebut masih dalam proses penelitian dan belum bisa dikatakan sebagai obat Covid-19.

Liputan6.com (10/06) juga mempublikasikan hasil penelusuran fakta terkait isu ini dan disampaikan bahwa akibat tulisannya viral di berbagai media, banyak oknum yang mengubah tulisannya tersebut. Salah satunya adalah pesan berantai (broadcast) yang beredar di WhatsApp. dr. Eche sapaan akrabnya mengatakan, broadcast tersebut bukan tulisannya. Dia mengatakan bahwa tulisannya banyak diubah.  "Bukan, Ini tulisan ku sudah banyak diubah," katanya.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi akun Instagram pribadi dr Indrianti Idrus Salah satu unggahnnya, pada 1 Juni 2020 berisi tentang pernyataan banyak yang menyebarkan tulisan tentang Prof. Idrus dan minyak kayu putihnya, lalu kata-katanya diubah dan ditambah.

KESIMPULAN                                                                                                                                

Tulisan dr. Indrianti Idrus tentang minyak kayu putih yang bisa menyembuhkan pasien Covid-19 telah diubah. Tulisan yang banyak tersebar di masyarakat tersebut tidak akurat karena sudah ditambahkan oleh oknum tertentu.  Kendati demikian, saat ini memang sedang dilakukan penelitian tentang terapi minyak kayu putih sebagai obat Covid-19 dan belum ada hasil penelitian yang didapat hingga saat ini.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4275547/cek-fakta-informasi-viral-minyak-kayu-putih-obat-covid-19-ini-bukan-tulisan-asli-dr-indrianti-idrus

2. https://www.dream.co.id/news/viral-tulisan-dr-indrianti-idrus-ternyata-cuma-hoaks-200611w.html

3. https://www.halodoc.com/minyak-kayu-putih-dapat-cegah-corona

4. https://makassar.tribunnews.com/2020/06/09/ini-tulisan-asli-dr-idrianti-putri-prof-idrus-terkait-corona-dan-minyak-kayu-putih?page=all