[HOAKS] - NIAT AWAL URUS HAJI, MENAG YAQUT JUSTRU BERPALING MENGUNJUNGI VATIKAN

Share :        
Rabu, 22 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto di media sosial Facebook dengan narasi tentang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bermaksud pergi ke Makkah untuk mengurus haji, tetapi malah berkunjung ke Vatikan.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa foto yang menampilkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan rombongannya berfoto dengan Paus Fransiskus di Vatikan adalah foto lama tahun 2019.

Dilansir dari kompas.com (20/06/2022), momen dalam foto adalah ketika dirinya saat itu masih selaku Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor bertemu Pemimpin Tahta Suci Vatikan, Paus Fransiskus. Dalam pertemuan pada 25 September 2019 tersebut, GP Ansor membawa misi mendukung Human Fraternity of World Peace and Living Together.

“Dalam kesempatan bertemu dengan Paus Fransiskus juga menyampaikan dokumen GP Ansor Declaration in Humanitarian Islam atau Deklarasi GP Ansor tentang Islam untuk kemanusiaan,” jelas Yaqut.

Gus Yaqut juga menyampaikan kepada Paus Fransiskus soal toleransi dan keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia. Salah satu contohnya adalah ikut menjaga kegiatan keagamaan umat beragama lain, termasuk Katolik.

Dalam pertemuan tersebut, Paus Fransiskus juga menyampaikan agar antar umat beragama selalu menjaga persaudaraan dan hidup berdampingan dalam damai.

KESIMPULAN
Informasi dalam foto tentang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bermaksud pergi ke Makkah untuk mengurus haji tetapi malah berkunjung ke Vatikan, adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut adalah foto lama tahun 2019 ketika Gus Yaqut masih menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor dan belum menjadi Menteri Agama.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fata:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/20/132600582/-hoaks-menag-yaqut-tidak-mengurus-haji-tapi-berkunjung-ke-vatikan?page=1
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8KyJqEON-cek-fakta-beredar-foto-menag-yaqut-bukannya-ke-mekkah-urus-haji-melainkan-ke-vatikan-cek-dulu-faktanya
3. https://hits.suara.com/read/2022/06/18/132650/cek-fakta-benarkah-menag-yaqut-tak-ke-mekkah-untuk-urus-haji-dan-malah-pergi-ke-vatikan