[HOAKS] - OBAT MOLNUPIRAVIR DAPAT MENYEMBUHKAN PASIEN COVID-19

Share :        
Jumat, 23 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial gambar yang menyebutkan bahwa Obat Molnupiravir dapat mencegah penularan dan menyembuhkan infeksi Covid-19.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, menanggapi unggahan tentang Obat Molnupiravir dapat mencegah penularan dan menyembuhkan infeksi Covid-19, diulas dalam klikdokter.com (14/04/2021) bahwa hingga saat ini belum ada obat yang diketahui pasti dapat menyembuhkan infeksi virus corona. Para peneliti di seluruh dunia masih terus menguji berbagai jenis obat yang dinilai ampuh menyembuhkan penyakit ini.

Salah satu uji coba yang telah dilakukan adalah penggunaan Obat Antiviral Molnupiravir. Obat ini dikembangkan oleh Ridgeback Biotherapeutics LP dan Merck & Co. Hasil uji coba tahap pertama menunjukkan obat ini dapat mengurangi infeksi Covid-19.

Dijelaskan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti,  Obat Antiviral Molnupiravir saat ini masih dalam tahap uji coba. Pengujian dilakukan karena obat ini dapat bekerja melawan virus yang hampir sama dengan virus Corona.

“Studi-studi sebelumnya menunjukkan, obat ini dapat bekerja melawan virus yang menggunakan RNA-dependent RNA polymerase yang juga dimiliki oleh SARS-CoV-2,” ucap dr. Astrid.

Namun, sampai saat ini penggunaan molnupiravir untuk mengobati infeksi virus corona masih dalam uji klinis fase 2 dan 3. Jadi, untuk mengetahui keamanan dan efektivitas penggunaan Molnupiravir sebagai obat Covid-19 pada manusia, kita masih harus menunggu hasil uji klinis 2 dan 3 keluar.

Selain itu, dalam liputan6.com (19/04/2021), Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi dr. Muhamad Fajri Adda'i. Ia menyebut klaim dalam video belum terbukti.

"Jadi obat ini seperti dalam rilisnya ada dua uji klinis yang dilakukan yakni pada pasien yang dirawat inap dan pasien yang dirawat jalan. Pada pasien yang dirawat inap obat ini tidak memberikan kebermanfaatan secara klinis sehingga uji klinisnya tidak diteruskan ke fase ketiga."

Sementara pada pasien yang dirawat jalan uji klinisnya juga masih berjalan dan belum tahu hasilnya. Sehingga jika ada klaim seperti dalam video yakni bisa menghentikan pandemi atau sayonara Covid-19 itu belum terbukti, masih jauh karena penelitiannya juga masih berjalan," ujar Fajri yang juga edukator dan tim penanganan Covid-19.

Dr. Fajri juga menjelaskan sejauh ini belum ada obat yang terbukti bisa menyembuhkan covid-19.

KESIMPULAN
Gambar dan narasi bahwa Obat Molnupiravir dapat mencegah penularan dan menyembuhkan infeksi Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, penggunaan Molnupiravir untuk mengobati infeksi virus corona masih dalam uji klinis fase 2 dan 3. 

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3649222/obat-molnupiravir-benarkah-dapat-sembuhkan-covid-19
2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4536227/cek-fakta-belum-terbukti-obat-bernama-molnupiravir-bisa-sembuhkan-covid-19
3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210414144357-255-629847/fakta-molnupiravir-obat-yang-disebut-bisa-sembuhkan-covid-19