[HOAKS] - ORANG TIONGKOK BERDATANGAN KE IKN MENYAMAR DENGAN PAKAIAN ADAT DAYAK

Share :        
Selasa, 10 Mei 2022

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook informasi mengenai Warga Negara Asing (WNA) China Calon penghuni IKN sudah berdatangan mempergunakan tradisi pakaian adat Dayak Kalimantan.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi Warga Negara Asing (WNA) China Calon penghuni IKN sudah berdatangan mempergunakan tradisi pakaian adat Dayak Kalimantan adalah Tidak benar. 

Dilansir dari laman kompas.com (06/05/2022) bahwa dalam video tersebut bukanlah warga china calon penghuni IKN di Kalimantan. Orang-orang di video tersebut adalah suku dayak iban serawak yang terbang dari miri Sarawak Malaysia ke Kota Kinabalu, Sabah. Malaysia pada 30 April 2022 dengan menggunakan pesawat Air Asia.

"60 penumpang dengan kostum sirat tradisional Sarawak yang dipimpin oleh Panglima Peter John Jaban menaiki Penerbangan Air Asia dari Miri ke Kota Kinabalu. Kami sangat bangga menjadi bagian dari peristiwa penting dan bersejarah ini! Agi Idup, Agi Ngelaban! Oooo ha!!" tulis dia pada salah satu video.

Terkait dalam penerbangan tersebut, dari laman Dayakdaily.com (30/04/2022) memberitakan rombongan itu berjumlah 72 orang. Sebanyak 60 orang dari rombongan tersebut menggenakan sirat.

Rombongan tersebut akan pergi ke Kota Kinabalu, Sabah, untuk tampil dalam serangkaian acara kebudayaan pada  1-3 Mei 2022.

KESIMPULAN

Informasi mengenai Orang Tinongkok/Warga Negara Asing (WNA) China Calon penghuni IKN sudah berdatangan mempergunakan tradisi pakaian adat Dayak Kalimantan adalah tidak benar. Faktanya, dalam foto yang beredar tersebut adalah orang dari suku dayak iban serawak yang terbang dari miri Sarawak, Malaysia, ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia pada 30 April 2022 dengan menggunakan pesawat Air Asia.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

SUMBER FAKTA

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/06/134852982/hoaks-wna-china-calon-penghuni-ikn-sudah-berdatangan?page=all

2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4956906/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-wn-china-calon-penghuni-ikn-mulai-berdatangan

3. https://turnbackhoax.id/2022/05/05/salah-video-wna-dari-china-calon-penghuni-ikn-sudah-mulai-berdatangan-mempergunakan-tradisi-pakaian-adat-dayak-kalimantan/

4. https://dayakdaily.com/sarawak-delegation-wearing-sirat-to-fly-from-miri-to-kota-kinabalu-today/