[HOAKS] - ORANG YANG TARIK DANA TAKKAN BERHAJI LAGI SEUMUR HIDUP

Share :        
Kamis, 10 Jun 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah tangkapan layar judul berita "Orang yang Tarik Dana Takkan Berhaji Lagi Seumur Hidup, Ini Penjelasan Kepala BPKH Anggito Abimanyu". Diketahui sumber judul berita tersebut adalah rakyatku.com (08/06/2021).

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman berita nasional.tempo.co (08/06/2021) Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu menyebut calon jemaah bisa menarik kembali dana haji setelah pemerintah memutuskan pembatalan haji 2021.

"Pada prinsipnya kami akan mengembalikan permintaan untuk pembatalan dan pencairan, karena ini uangnya jamaah kami harus layani," ujar Anggito Abimanyu dalam webinar bertajuk "Dana Haji Aman", yang dikutip pada Selasa, 8 Juni 2021.

Kendati demikian, lanjut Anggito, jemaah haji yang menarik dananya kembali bakal kehilangan antrean pemberangkatan. "Kalau ditarik tentu akan mengakibatkan kehilangan antrean, proses awal lagi. Jadi memang ada konsekuensinya," tuturnya.

Selain itu, telah diklarifikasi dalam website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (08/06/2021), bahwa jemaah yang tarik dana haji konsekuensinya kemungkinan tidak berhaji seumur hidup, adalah hoaks.

KESIMPULAN

Informasi tentang jemaah haji yang menarik dananya akan tidak bisa berhaji seumur hidup, adalah tidak benar. Faktanya, jemaah haji yang menarik dananya akan kehilangan nomor antrean pemberangkatan dan mengulang kembali dari proses awal lagi, bukan tidak bisa berhaji seumur hidup .

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://nasional.tempo.co/read/1470162/bpkh-sebut-calon-jemaah-bisa-tarik-dana-haji-tapi-bakal-kehilangan-antrean

2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/34963/disinformasi-bpkh-jemaah-yang-tarik-dana-haji-konsekuensinya-kemungkinan-tidak-berhaji-seumur-hidup/0/laporan_isu_hoaks

3. https://nasional.kompas.com/read/2021/06/08/08000011/kepala-bpkh-ingatkan-jemaah-haji-yang-tarik-dananya-bakal-kehilangan-antrean?page=all

4. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012022721/calon-haji-tak-bisa-berhaji-lagi-seumur-hidup-jika-tarik-dana-setoran-kata-anggito-abimanyu?page=3