[HOAKS] - PADUAN SUARA RUSIA SAMBUT KEDATANGAN PRESIDEN JOKOWI DENGAN MENYANYIKAN INDONESIA RAYA

Share :        
Selasa, 05 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Twitter yang memperlihatkan sekelompok anak tengah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Diklaim, paduan suara anak-anak tersebut untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Rusia.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam kompas.com (01/07/2022) bahwa video yang beredar adalah video lama yang setidaknya sudah beredar di internet sejak 2018.

Video identik pernah diunggah oleh YouTube Aditovich pada 21 Mei 2018, dengan judul: "Anak-anak sekolah Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya." Pada keterangan video dijelaskan bahwa video itu di Gymnasium nomor 18 Kota Korolev, Rusia.

Sementara itu, kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia baru-baru ini dilaksanakan pada Kamis (30/06/2022) untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Melalui kunjungan tersebut, Presiden Jokowi membawa pesan pribadi yang dititipkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk Presiden Putin. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian dengan jalan damai.

Selain itu, telah diklarifikasi oleh salah satu akun penangkal hoaks saberhoaks.jabarprov.go.id (01/07/2022) bahwa video yang beredar bukanlah penyambutan Presiden Jokowi di Rusia melainkan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional RI ke-110 di Rusia pada tahun 2018.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang paduan suara anak-anak menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Rusia, adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut bukanlah penyambutan Presiden Jokowi di Rusia melainkan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional RI ke-110 di Rusia pada tahun 2018.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks:  Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/01/144348782/hoaks-video-paduan-suara-siswa-rusia-sambut-jokowi?page=all
2. https://saberhoaks.jabarprov.go.id/v2/klarifikasi/detail/PTN001993/VIDEO-ANAK-SEKOLAH-DI-RUSIA-NYANYIKAN-LAGU-INDONESIA-RAYA-SAMBUT-KEDATANGAN-PRESIDEN-JOKOWI
3. https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/5000225/cek-fakta-tidak-benar-video-paduan-suara-untuk-sambut-jokowi-di-rusia