[HOAKS] - PANDEMI COVID-19 ADALAH HOAKS BUATAN PARA TENAGA KESEHATAN

Share :        
Jumat, 12 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Twitter yang menyebut bahwa tenaga kesehatan merupakan pembuat hoaks terbaik terkait pandemi dan Covid-19, karena memiliki segala peralatan, fasilitas, dan anggaran untuk melakukan kebohongan, meliputi rumah sakit (RS), klinik, alat halu, cairan halu, dan data halu.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Dilansir dari jawapos.com (30/07/2022), kata-kata dalam kiriman tersebut bisa jadi merupakan kritik atau keluh kesah. Tapi, apakah menyebut sejumlah aspek dalam pandemi sebagai halu dapat dibuktikan dengan data-data tepercaya?

Dilansir dari situs covid19.go.id (04/09/2021), sejak Maret 2020 World Health Organization (WHO) telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi akibat tingkat penyebarannya yang eksponensial secara global. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien terkonfirmasi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga hari ini mencapai 6.222.788 kasus (data per 3 Agustus 2022). Artinya, Covid-19 masih ada dan bukan merupakan hoaks yang dibuat oleh tenaga kesehatan.

Pemerintah terus mengejar target program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran virus, mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Selain itu, pemerintah juga menyelenggarakan vaksinasi booster Covid-19 untuk kedua kalinya yang saat ini ditujukan untuk nakes. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan semakin banyaknya jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19. 

Sedangkan foto yang disertakan pada tulisan tersebut terkait dengan kasus rapid rest palsu di Bandara Kualanamu, Medan. Lima orang telah ditangkap dalam kasus itu karena diduga telah menyalahi aturan proses rapid test antigen, yakni dengan menggunakan alat steril swab stuck bekas pada 27 April 2021.

KESIMPULAN
Informasi bahwa tenaga kesehatan adalah pembuat hoaks terbaik soal pandemi Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya,  Covid-19 merupakan virus yang nyata dan WHO sejak Maret 2020 telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi akibat tingkat penyebarannya yang eksponensial secara global.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/30/07/2022/sebut-rs-dan-klinik-alat-berbohong-terkait-pandemi-covid-19/?page=
2. https://covid19.go.id/berita/menuju-covid-19-sebagai-endemi-menkominfo-ayo-perkuat-disiplin-bermasker-dan-segerakan-vaksinasi
3. https://covid19.go.id/berita/situasi-covid-19-di-indonesia-update-3-agustus-2022
4. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6aBEaK-cek-fakta-benarkah-tim-kesehatan-pembuat-hoaks-terbaik-soal-pandemi-ini-faktanya