[HOAKS] - PARUTAN KULIT LEMON BEKU DENGAN RIBUAN KHASIAT SEKALIGUS PENGGANTI KEMOTERAPI

Share :        
Jumat, 24 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook bahwa parutan kulit lemon beku memiliki efek 10.000 kali lebih kuat untuk membunuh sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari kompas.com (21/06/2022), Dokter Onkologi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur dr. Santi Christiani Gultom, SpPD-KHOM, menjelaskan bahwa informasi parutan kulit lemon beku sebagai pengganti kemoterapi adalah informasi yang keliru.

“Berita itu adalah hoaks,” ucap dr. Santi. Dijelaskan, bahwa resep menambahkan parutan kulit lemon beku memang ada di beberapa buku menu untuk penderita kanker. Namun, parutan kulit lemon beku itu hanyalah sebagai pelengkap.

“Memberi tambahan rasa segar pada hidangan tersebut. Parutan kulit lemon beku tentu juga mengandung vitamin yang terkandung di dalamnya tapi tidak sebagai pengganti kemoterapi,” ujar dr. Santi.

Sejauh ini, juga belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan khasiat parutan lemon beku untuk menghancurkan sel kanker.

“Belum ada pembuktian ilmiah bahwa parutan lemon beku dapat menghancurkan sel kanker. Itu harus diluruskan supaya masyarakat tidak salah saham,” ucap dr. Santi.

“Jangan mempercayai sesuatu yang belum terbukti secara ilmiah. Jika Anda menderita kanker, biarkan dokter anda memberikan manajemen terapi bagi anda. Percayalah bahwa dokter akan memberikan upaya terbaiknya buat anda,” tuturnya.

KESIMPULAN
Informasi bahwa parutan kulit lemon beku memiliki efek 10.000 kali lebih kuat untuk membunuh sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan khasiat parutan lemon beku untuk menghancurkan sel kanker. Selain itu, resep menambahkan parutan kulit lemon beku memang ada di beberapa buku menu untuk penderita kanker, namun parutan kulit lemon beku itu hanyalah sebagai pelengkap untuk menambah rasa segar pada hidangan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/21/125500682/-hoaks-parutan-kulit-lemon-beku-sebagai-pengganti-kemoterapi?page=3
2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/21/190244582/resep-parutan-kulit-lemon-beku-untuk-penderita-kanker-ini-kata-dokter?page=all
3. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1745/tidak-terbukti-kulit-lemon-10-000-kali-lebih-kuat-daripada-kemoterapi-untuk-membunuh-sel-kanker