[HOAKS] - PENGUNGKAPAN FAKTA BERBAHAYA VAKSIN COVID-19 DARI SENATOR AMERIKA SERIKAT

Share :        
Selasa, 07 Jun 2022

DISINFORMASI

Beredar informasi di Facebook berupa tangkapan layar twit yang diklaim twit Senator Amerika Serikat Rand Paul mengenai vaksin Covid-19 berbahaya.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa twit tersebut bukan berasal dari Senator Rand Paul. Dilansir dari kompas.com, tidak ditemukan bahwa akun Twitter Senator Rand Paul mencuitkan perihal vaksin Covid-19 berbahaya. Diketahui pula bahwa akun Twitter Rand Paul bernama @RandPaul dengan tanda centang biru.

Masih mengacu kepada laporan kompas.com, dari laman projects.propublica.org, situs yang mengarsip twit politikus yang sudah dihapus, tidak juga ditemukan pernyataan Senator Rand Paul yang menyatakan vaksin Covid-19 berbahaya.

Adapun perihal cuitan tersebut sudah dibantah oleh pihak Senator Rand Paul. Dilansir dari reuters.com, juru bicara Rand Paul telah menyatakan bahwa cuitan bukan berasal dari pihak Rand Paul. "Jelas tidak otentik dalam hal, wujud, atau bentuk apa pun," ujar juru bicara Senator Paul, dikutip dari Reuters, Sabtu (4/6/2022).

KESIMPULAN

Postingan tangkapan layar twit Rand Paul perihal vaksin Covid-19 berbahaya tidak benar. Faktanya, tidak ditemukan cuitan Senator Rand Paul yang menyatakan vaksin Covid-19 berbahaya.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Tiruan/Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/06/154758582/hoaks-twit-senator-as-rand-paul-soal-bukti-vaksin-covid-19-berbahaya?page=all#page2

2. https://projects.propublica.org/politwoops/user/RandPaul

3. https://www.reuters.com/article/factcheck-paul-tweet/fact-check-no-evidence-sen-rand-paul-tweeted-message-on-exposing-covid-19-vaccines-idUSL1N2XQ268