[HOAKS] - PENINGKATAN KASUS COVID-19 DISEBABKAN OLEH ORANG YANG SUDAH DIVAKSIN

Share :        
Selasa, 06 Sep 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Twitter bahwa peningkatan kasus Covid-19 disebabkan oleh orang-orang yang sudah divaksin karena orang yang belum divaksin dilarang mengakses tempat umum.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari turnbackhoax.id (05/09/2022), Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengungkapkan lonjakan kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir yang disebabkan penyebaran varian baru virus corona, BA4 dan BA5.

Menurutnya, sub varian baru yang menyebabkan kenaikan kasus di beberapa negara tersebut, pada umumnya bergejala ringan dan kebutuhan perawatan di RS jauh lebih rendah dibandingkan varian Covid-19 sebelumnya.

Kepala Subbid Dukungan Kesehatan Bidang Darurat Satgas Covid-19, Alexander K Ginting menjelaskan kenaikan kasus Covid-19 saat ini dipicu perubahan varian virus yang dibarengi pelonggaran kepatuhan pada protokol kesehatan. Selain itu Direktur RSPI Sulianti Saroso, Syahril, juga menyebutkan penyebab utama kenaikan kasus adalah kemunculan varian baru Covid-19 yang menjadi bagian dari dinamika pandemik.

KESIMPULAN
Informasi bahwa peningkatan kasus Covid-19 disebabkan oleh orang-orang yang sudah divaksin, adalah tidak benar. Faktanya, kenaikan kasus Covid-19 saat ini dipicu perubahan varian virus yang dibarengi pelonggaran kepatuhan pada protokol kesehatan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://turnbackhoax.id/2022/09/05/salah-peningkatan-kasus-covid-19-disebabkan-oleh-orang-orang-yang-sudah-divaksin/
2. https://nasional.sindonews.com/read/827177/15/dokter-reisa-ungkap-penyebab-kasus-covid-19-naik-pesat-1657858030
3. https://www.merdeka.com/peristiwa/penyebab-kenaikan-kasus-covid-19-indonesia-perubahan-varian-virus-pelonggaran-prokes.html