[HOAKS] - PERUBAHAN BIAYA TRANSAKSI LAYANAN BCA MENJADI RP150 RIBU PER BULAN

Share :        
Selasa, 05 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook dari akun yang mengatasnamakan Layanan.Bcaprioritas tentang perubahan biaya transaksi Bank Central Asia (BCA) dari Rp 6.500,- per transaksi menjadi Rp 150.000 per bulan (auto debit dari tabungan). Penerima pesan yang tidak setuju diminta untuk mengisi formulir data diri agar tetap bisa menggunakan tarif lama Rp.6.500,- per transaksi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi tersebut  tidak benar. Informasi serupa juga beredar di media sosial twitter dalam bentuk surat edaran yang mencantumkan logo, kop, serta alamat kantor BCA.

Dilansir dari kompas.com (29/06/2022), Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn memberikan penjelasan surat terkait perubahan tarif transaksi yang beredar di media sosial tersebut bukanlah surat resmi dari BCA.

Menurutnya, alamat resmi BCA bukan seperti yang tertulis pada surat edaran palsu tersebut. Apabila mendapatkan surat yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, pihaknya meminta masyarakat untuk menghubungi kantor cabang BCA setempat. Pengaduan juga bisa dilakukan melalui WhatsApp Halo BCA di nomor 0811 1500 998.

Dalam website resmi bca.co.id, BCA mengimbau masyarakat agar waspada terhadap link palsu dan selalu menjaga kerahasiaan data pribadi, seperti nomor kartu debit/ kartu kredit, PIN, CVV/ CVC, OTP, dan lain-lain. Jangan di klik, apalagi mengisi data-data pribadi. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link.

Akun resmi media sosial BCA sudah ter-verified bercentang biru, seperti Instagram @GoodlifeBCA. Sedangkan, website resmi BCA adalah www.bca.co.id dan Website Prioritas adalah prioritas.bca.co.id serta aplikasi BYC Apps.

KESIMPULAN
Informasi dari akun mengatasnamakan BCA mengenai perubahan biaya transaksi BCA menjadi biaya bulanan sebesar Rp 150 ribu, adalah tidak benar. Faktanya, surat terkait perubahan tarif transaksi yang beredar di media sosial tersebut bukanlah surat resmi dari BCA dan masyarakat diimbau agar waspada terhadap link palsu dan selalu menjaga kerahasiaan data pribadi, seperti nomor kartu debit/ kartu kredit, PIN, CVV/ CVC, OTP, dan lain-lain.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/30/131300782/-hoaks-perubahan-biaya-transaksi-bca-jadi-rp-150.000?page=all
2. https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/29/063432265/penjelasan-bca-soal-twit-viral-biaya-transaksi-jadi-rp-150000-per-bulan?page=all
3. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1766/keliru-bca-mengganti-biaya-transaksi-menjadi-biaya-bulanan-150-000-ribu-secara-autodebet
4. https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2022/04/09/14/56/Awas-Modus-Akun-Palsu-yang-Menawarkan-Menjadi-Nasabah-BCA-Prioritas