[HOAKS] - PRESIDEN UKRAINA MENYERAH PADA SEKUTU RUSIA DAN MENYESALI PERBUATANNYA

Share :        
Rabu, 20 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan Facebook berupa video yang diklaim sebagai Presiden Ukraina Volodymyr Zelenky menyerah kepada Rusia. Di dalam video tersebut terdapat Presiden Republik Chechnya Ramzan Khadirov yang berbicara kepada sosok yang disebut sebagai Zelenky.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com, video tersebut merupakan video parodi yang diketahui tersebar melalui akun Telegram Ramzan Khadirov, Presiden Republik Chechnya, pada 4 Juli lalu. Dalam unggahan berbahasa Rusia, ia menuliskan bahwa itu hanya video bercandaan yang dibuat atas bantuan komedian terkenal Vovan dan Lexus.

Dilansir dari spectator.co.uk, diketahui bahwa video yang beredar merupakan gagasan dari Khadirov sebagai bentuk lelucon terhadap Zelenky. Hingga kini belum ada pernyataan Presiden Ukraina menyerah kepada Rusia.

KESIMPULAN

Video Facebook yang diklaim sebagai Presiden Ukraina Volodymyr Zelenky menyerah tidak benar. Faktanya, video itu merupakan video parodi yang digagas oleh Presiden Republik Chechnya bersama dua komedian Vovan dan Lexus.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire or Parodi)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/18/133049982/hoaks-presiden-ukraina-volodymyr-zelensky-menyerah-kepada-rusia?page=all#page2 

2. https://t.me/RKadyrov_95/2500

3. https://www.spectator.co.uk/article/chechen-warlord-kadyrov-mocks-zelensky-in-spoof-video