[HOAKS] - PT PEGADAIAN MENGADAKAN LELANG BARANG SECARA ONLINE

Share :        
Rabu, 18 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar sebuah tangkapan layar yang memperlihatkan adanya lelang online yang diadakan oleh PT Pegadaian (Persero). Dalam tagkapan layar tersebut terlihat adanya transaksi lelang sebuah handphone.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui jika informasi tersebut keliru dan termasuk dalam upaya penipuan.

PT Pegadaian (Persero) pernah memberikan klarifikasi yang diunggah pada laman website resminya pegadaian.co.id (21 Juli 2022). Dalam keterangannya, Vice President of Corporate Communication PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani mengatakan bahwa baru-baru ini ditemukan modus penipuan yang mengatasnamakan Pegadaian dengan menggunakan aplikasi berbagi pesan Telegram.

Pelaku biasanya membuat grup Telegram yang mengatasnamakan Pegadaian, PT Pegadaian, atau PT Pegadaian (Persero). Ia menawarkan berbagai barang mulai dari mobil, sepeda motor, emas, handphone, laptop atau barang berharga lainnya.

“Jadi, partisipan yang tergabung dalam grup ditawari berbagai barang lelang dengan iming-iming harga murah. Kemudian mereka diminta melakukan pemesanan, selanjutnya mentransfer dana sesuai harga barang yang dipilih,” ujar Basuki.

Ia menghimbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada dengan maraknya modus penipuan lelang online yang mengatasnamakan Pegadaian. Pegadaian tidak pernah melakukan lelang secara online. Lelang hanya melakukan lelang barang jaminan gadai yang jatuh tempo di Kantor Cabang Pegadaian, atau bazar/pameran resmi perusahaan.

KESIMPULAN

Informasi bahwa PT Pegadaian mengadakan lelang barang berharga secara online adalah salah. Faktanya, pihak PT Pegadaian hanya melakukan lelang barang di Kantor Cabang Pegadaian, atau bazar resmi perusahaan.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.pegadaian.co.id/berita/detail/389/pegadaian-ingatkan-modus-baru-penipuan-lelang-online-via-aplikasi-telegram

2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-waspada-grup-telegram-barang-lelang-online-mengatasnamakan-pegadaian.html