[HOAKS] - PUTRI DUYUNG DITEMUKAN TERDAMPAR DI AFRIKA SELATAN

Share :        
Rabu, 11 Mei 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Facebook tentang ditemukannya putri duyung yang terdampar di Afrika Selatan.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa postingan putri duyung yang terdampar di pantai Afrika Selatan tersebut tidak benar. Dilansir dari laman cekfakta.com (28/04/2022) para pejabat di Kenya dan Afrika Selatan mengatakan bahwa belum ada laporan tentang putri duyung yang ditemukan di pantai.

Salah seorang juru bicara dari Polisi Afrika Selatan di Muizenberg mengatakan bahwa Muizenberg SAPS tidak memiliki laporan tentang putri duyung yang hanyut di pantai atau laporan tentang seorang anak yang digigit ikan.

Dalam dugaannya, kemungkinan besar ini merupakan gabungan gambar atau video yang diubah secara digital. Setelah diamati pada rekaman tersebut, terlihat pasir kehilangan tekstur saat lengan “putri duyung” bergerak melintasi pantai. Pada satu titik, jari-jarinya bahkan menghilang. Hal ini menunjukkan bahwa “tubuh putri duyung” dimasukkan secara digital ke dalam rekaman tersebut.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang ditemukannya putri duyung yang terdampar di Afrika Selatan, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada laporan dari petugas dan pejabat di Kenya dan Afrika Selatan tentang penemuan putri duyung dan video tersebut diduga merupakan hasil gabungan gambar atau video yang diubah secara digital.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://cekfakta.com/focus/9716
2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4952161/cek-fakta-tidak-benar-video-putri-duyung-terdampar-di-afrika
3. https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1471517-cek-fakta-putri-duyung-nyata-ditemukan-di-afrika?page=1&utm_medium=page-1