[HOAKS] - PANGLIMA TNI DIPECAT

Share :        
Senin, 03 Mei 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah tangkapan layar sampul video di media sosial milik akun YouTube Warung Politik berisi "NASIBNYA BERAKHIR...!!! PANGLIMA TNI DIPECAT. DETIK** PEMECATAN KARENA KRI NANGGALA TENGGELAM."

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman berita antaranews.com (01/05/2021), dalam video diinformasikan pemberhentian pimpinan TNI yang menjabat sejak 8 Desember 2017 itu dikaitkan dengan peristiwa kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam. 

Sedangkan, berdasarkan penelusuran ANTARA, Jumat (30/4), Panglima Hadi Tjahjanto diketahui masih memimpin upacara penyerahan jabatan Komandan Sekolah Komando (Dansesko) TNI dan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, sebagaimana dilaporkan ANTARA.

Dan juga tidak ada pula informasi resmi ataupun pernyataan dari pihak berwenang yang membenarkan narasi dalam sampul video tersebut.

Selain itu, dikutip dari idntimes.com (01/05/2021), terdapat beberapa fakta yang menjadikan informasi yang beredar adalah hoaks, diantaranya :

1. Video narasi pemecatan Panglima TNI adalah hoaks;

2. Tidak ada pihak berwenang yang benarkan hoaks pemecatan; dan

3. Video hoaks pemecatan Panglima TNI dihapus dari YouTube.

KESIMPULAN

Informasi tentang video Panglima TNI dipecat, adalah tidak benar. Faktanya, Jumat (30/04) Panglima Hadi Tjahjanto diketahui masih memimpin upacara penyerahan jabatan Komandan Sekolah Komando (Dansesko) TNI dan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Selain itu, video pemecatan Panglima TNI telah dihapus dari YouTube.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://m.antaranews.com/amp/berita/2132370/hoaks-panglima-tni-marsekal-hadi-tjahjanto-dipecat
2. https://www.idntimes.com/news/indonesia/amp/jihad-akbar/cek-fakta-benarkah-panglima-tni-dipecat-karena-insiden-kri-nanggala
3. https://www.suara.com/news/2021/05/01/110546/panglima-tni-dipecat-gara-gara-kri-nanggala-402-ternyata-hoaks