[HOAKS] - PANTAUAN DARI ANGKASA, CAHAYA MERAH MISTERIUS DI SAMUDRA ATLANTIK

Share :        
Jumat, 18 Nov 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan Facebook yang diklaim sebagai foto cahaya merah misterius di atas Samudra Atlantik.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa cahaya merah itu bukan cahaya misterius. Dilansir dari kompas.com, diketahui bahwa cahaya merah itu berasal dari kapal penangkap komersial.

Pakar pemodelan cuaca, Neil Jacobs menjelaskan bahwa cahaya merah itu berasal dari kapal penangkap ikan komersial. "Itu adalah kapal penangkap ikan komersial yang menangkap saury tertentu menggunakan rangkaian LED merah terang," ujar Jacobs.

Adapun cahaya terang merupakan metode kuno yang dipakai di kapal untuk menarik ikan saury. Di zaman yang lebih modern, kapal penangkap ikan memanfaatkan lampu LED untuk memancarkan warnah merah yang menonjol.

KESIMPULAN

Postingan di media sosial Facebook mengenai cahaya merah misterius di atas Samudra Atlantik ternyata bukan berasal dari fenomena unik misterius. Faktanya, cahaya merah itu berasal dari kapal penangkap komersial yang menggunakan rangkaian LED merah terang.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/16/161600982/-klarifikasi-cahaya-merah-di-samudra-atlantik?page=all#page2

2. https://leadstories.com/hoax-alert/2022/08/fact-check-red-glow-in-pacific-ocean-is-not-unexplained-commercial-fishing-boats.html