Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - PEMERINTAH MENGHENTIKAN PROGRAM BEASISWA LPDP


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)
Jumat, 02 Feb 2024

DISINFORMASI

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook dengan narasi bahwa pemerintah menghentikan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman berita nasional.kompas.com (16/01/2024),  terkait rencana pemerintah menghentikan sementara Program Beasiswa LPDP, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah berencana untuk menghentikan alokasi anggaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam waktu tertentu. Hal ini disebabkan oleh penumpukan jumlah anggaran LPDP yang saat ini hampir mencapai Rp 150 triliun.

"Sudah kita tinjau apa harus diteruskan (alokasi) LPDP itu dengan jumlah yang sudah hampir Rp 150 triliun itu. Jadi mungkin kita stop dulu (alokasi anggaran LPDP dari APBN)," ujar Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Alokasi anggaran diarahkan ke berbagai pos lain dalam sektor pendidikan. 

"Jadi anggaran pendidikan 20 persen, nanti sepenuhnya bisa digunakan untuk membenahi, termasuk riset dan alokasi beasiswa (lain) dan pendidikan perguruan tinggi bisa ditingkatkan," jelasnya.

Menurut Muhadjir, perubahan alokasi ini diharapkan dapat meningkatkan angkatan kerja nasional. Beliau menegaskan bahwa meskipun alokasi anggaran direncanakan untuk dihentikan sementara, hal ini tidak berarti bahwa program beasiswa LPDP akan dihentikan.

"LPDP tetap jalan," tegas Muhadjir.

Selain itu, berdasarkan laporan dari kompas.com (29/01/2024), bahwa penghentian alokasi anggaran untuk program beasiswa LPDP dari APBN telah dipahami secara keliru.

KESIMPULAN

Informasi tentang penghentian Program Beasiswa LPDP oleh pemerintah tidak dapat dikonfirmasi sebagai benar. Faktanya, pemerintah berencana menghentikan sementara alokasi anggaran untuk LPDP karena penumpukan dana. Namun, alokasi anggaran akan dialihkan ke pos lain di sektor pendidikan, dan program pemberian beasiswa LPDP tetap berlangsung.

SUMBER FAKTA:

  1. https://nasional.kompas.com/read/2024/01/16/18261751/pemerintah-berencana-hentikan-sementara-anggaran-untuk-beasiswa-lpdp

  2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/29/170400682/-klarifikasi-pemerintah-tidak-setop-program-beasiswa-lpdp

Bagikan: