[HOAKS] - PEMUDIK MENYAMAR MENJADI GORILA

Share :        
Kamis, 20 Mei 2021

DISINFORMASI

Beredar melalui media sosial Instagram sebuah konten video yang memperlihatkan para pemudik yang menyamar dengan mengenakan konstum gorila demi mengelabui petugas.

 PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman covid19.go.id (19/05/2021) klaim yang menyebutkan pemudik menyamar menjadi gorila demi mengelabui petugas adalah klaim yang salah. Berdasarkan penelusuran gambar, gorila tersebut merupakan patung yang akan dijual.

Dikutip dari tvonenews.com, 10 gorila di atas mobil bak terbuka tersebut merupakan patung yang akan dijual, bukan pemudik yang menyamar.

Patung di atas mobil bak terbuka tersebut dikaitkan dengan kondisi saat ini dengan menambahkan narasi bahwa gorila tersebut merupakan pemudik yang menyamar agar bisa mudik ke kampung halaman.

Dalam mesin pencarian Google juga ditemukan beberapa patung-patung gorila di toko online yang identik dengan video tersebut.

KESIMPULAN

Informasi mengenai para pemudik yang menyamar dengan mengenakan konstum gorila demi mengelabui petugas adalah tidak benar. Faktanya, gambar/foto gorila yang diangkut diatas mobil bak merupakan patung yang akan dijual.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire/ Parody)

Sumber Fakta:

1.      https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-demi-mengelabui-petugas-pemudik-nekat-menyamar-menjadi-gorila

2.      https://www.tvonenews.com/channel/tvonenews/40809-viral-pemudik-nyamar-jadi-gorila-untuk-kelabui-petugas-ini-faktanya-tvone-minute

3.      https://www.suara.com/news/2021/05/19/154646/cek-fakta-pemudik-menyamar-jadi-gorila-demi-kelabui-petugas?page=all

4.      https://saberhoaks.jabarprov.go.id/v2/klarifikasi/detail/PTN001402/KELABUI-PETUGAS,-PEMUDIK-NEKAT-NYAMAR-JADI-GORILA

5.      https://kabarpolitik.com/turn-back-hoax-salah-demi-mengelabui-petugas-pemudik-nekat-menyamar-menjadi-gorila/