[HOAKS] - PENULARAN CACAR MONYET MELALUI BURUNG 

Share :        
Jumat, 05 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook agar tidak menangkap burung yang tidak bisa terbang, tidak bisa berjalan atau berjuang di tanah karena dikhawatirkan menularkan cacar monyet. Diklaim, Amerika Serikat dan negara-negara Barat menggunakan burung untuk menyebarkan cacar monyet ke wilayah Asia.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dari laman berita liputan6.com (31/07/2022) bahwa informasi yang beredar adalah contoh dari berita hoaks yang dibuat oleh Chinese 50 Cent Army, namun kemudian disebarkan oleh warganet pro-Partai Komunis Cina (PKC).

Monkeypox sejauh ini tidak ditemukan menginfeksi burung. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, penularan monkeypox dapat terjadi dari hewan ke manusia (zoonosis). Ini terjadi dari kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, lesi kulit, dan mukosa dari hewan yang terinfeksi.

Di Afrika, bukti infeksi virus monkeypox telah ditemukan pada banyak hewan termasuk tupai tali (rope squirrels), tupai pohon, tikus berkantung Gambia, dormice (sejenis tikus pengerat), berbagai spesies monyet, dan lain-lain.

Reservoir -- tempat bersarang/ berkembang biak -- alami cacar monyet belum diidentifikasi, meskipun hewan pengerat adalah yang paling mungkin. Mengonsumsi daging yang tidak dimasak dengan benar dan produk hewani lainnya dari hewan yang terinfeksi merupakan faktor risiko yang mungkin terjadi.

Selain itu, dikutip dari cekfakta.tempo.co (04/08/2022) bahwa informasi Amerika Serikat menyebarkan virus cacar monyet ke Asia melalui burung adalah informasi yang keliru.

KESIMPULAN
Informasi tentang penularan cacar monyet melalui burung, adalah tidak benar. Faktanya, informasi yang beredar adalah contoh dari berita hoaks yang dibuat oleh Chinese 50 Cent Army dan WHO tidak menyebutkan burung sebagai salah satu hewan penyebab penyebaran virus cacar monyet.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/health/read/5028715/viral-pesan-berantai-penularan-cacar-monyet-dibawa-oleh-burung-apa-iya
2. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1827/keliru-amerika-serikat-menyebarkan-virus-cacar-monyet-ke-asia-melalui-burung
3. https://www.antaranews.com/berita/3034613/hoaks-as-gunakan-burung-kirimkan-virus-cacar-monyet-ke-asia