[HOAKS] - PENYINTAS COVID-19 DAPAT DI VAKSINASI SETELAH ISOLASI 10 HARI DAN TIDAK PERLU MENUNGGU 3 BULAN

Share :        
Kamis, 15 Apr 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang menginformasikan bahwa penyintas Covid-19 dapat di vaksinasi setelah isolasi 10 hari dan tidak perlu menunggu 3 bulan.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (13/04/2021), diperoleh klarifikasi bahwa telah terdapat informasi dari Kementerian Kesehatan RI terkait vaksinasi penyintas, diantaranya :

1. Jika penyintas belum pernah suntik vaksin Covid-19 dosis 1, maka tunggu 3 bulan dari sembuh baru bisa dapat dosis 1;

2. Jika penyintas sudah pernah dapat dosis 1, maka dosis 2 nya tetap bisa diberikan 28 hari sesudah dosis 1 dan sudah dinyatakan sembuh.

"Selain itu, Kemenkes juga sedang menyiapkan infografis resminya di medsosnya. Nanti kalo sudah ada saya share. Jadi mohon dilaksanakan sesuai keterangan diatas ya," ujar Staf Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta saat dihubungi Tim Jalahoaks.

KESIMPULAN

Informasi tentang penyintas Covid-19 dapat di vaksinasi setelah isolasi 10 hari dan tidak perlu menunggu 3 bulan, adalah tidak benar. Faktanya menurut keterangan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta diperoleh informasi sebagai berikut :
1. Jika penyintas belum pernah disuntik vaksin Covid-19 dosis 1, maka tunggu 3 bulan dari sembuh baru bisa dapat dosis 1;

2. Jika penyintas sudah pernah mendapat dosis 1, maka dosis 2 nya tetap bisa diberikan 28 hari sesudah dosis 1 dan sudah dinyatakan sembuh.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta