[HOAKS] - PERAHU YANG DITUMPANGI GUBERNUR ANIES BASWEDAN TERGULING DI SUNGAI

Share :        
Senin, 22 Nov 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah foto di media sosial Facebook dengan narasi perahu yang ditumpangi Gubernur Anies Baswedan terguling di sungai.

PENJELASAN

Berdasarkan Hasil Penelusuran, dilansir dari laman medcom.id (21/11/2021) telah diklarifikasi bahwa informasi tersebut adalah salah. Bahwa peristiwa itu tidak ada kaitannya dengan Gubernur Anies.

Foto tangkapan layar itu, sudah beredar pada 3 September 2016 lalu. Hal itu seperti dimuat situs digitalgoa.com dalam artikel berjudul "Court Orders FIR In Mayor Surendra Furtado’s St Inez Creek Mishap".

Dijelaskan bahwa Surendra Furtado dan rombongan saat menjabat Wali Kota Panaji, India, mengalami kecelakaan di Sungai St Inez pada akhir Juni 2016. Perahu yang ditumpangi Surendra terguling lantaran kelebihan muatan.

"Furtado dan enam orang lainnya, termasuk seorang jurnalis video, jatuh ke air saat mesin terbalik karena kelebihan muatan. Semua lolos tanpa cedera tetapi kecelakaan itu merusak beberapa perangkat elektronik," tulis situs heraldgoa.id dalam laporannya, 28 Juni 2016.

KESIMPULAN

Foto dengan narasi perahu yang ditumpangi Gubernur Anies Baswedan terguling di sungai adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut sudah beredar sejak 3 September 2016 dan merupakan kejadian saat Rendra Furtado yang menjabat Wali Kota Panaji, India, mengalami kecelakaan di Sungai St Inez pada akhir Juni 2016. Perahu yang ditumpangi Surendra terguling lantaran kelebihan muatan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/RkjWJ2EK-cek-fakta-benarkah-perahu-yang-ditumpangi-anies-baswedan-terguling-di-sungai-ini-faktanya

2. https://hits.suara.com/read/2021/11/21/163303/cek-fakta-perahu-yang-ditumpangi-anies-baswedan-terguling-di-sungai-benarkah?page=1

3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4715948/cek-fakta-tidak-benar-anies-baswedan-dalam-video-perahu-terguling-ini