[HOAKS] - PESAN BERANTAI TENTANG BUKTI ILMIAH TERKAIT RESIKO PENULARAN COVID-19

Share :        
Senin, 28 Des 2020

DISINFORMASI

Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp berisi petunjuk dari Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp. P (K) tentang bukti ilmiah terkait resiko penularan covid-19. Disebutkan bahwa golongan darah tertentu memiliki resiko penularan yang sangat rendah.

PENJELASAN

Berdasarkan Hasil Penelusuran Tim JalaHoaks, yang dilansir dari laman liputan6.com (21/12/2020), Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp. P (K) mengklarifikasi bahwa isi dalam pesan tersebut bukanlah tulisannya.

Penjelasan dr RA Adaninggar, SpPD. Menyebutkan penjelasan dalam pesan berantai tersebut adalah tidak benar. Semua golongan darah punya resiko yang sama untuk terkena Covid-19, Faktor ganetik itu merupakan faktor kecil dalam mempengaruhi manifestasi penyakit. Masih ada faktor virus, lingkungan, dan sistem imun lain yang kompleks. Jadi, faktor golongan darah saja tidak cukup untuk menentukan kebal tidaknya seseorang pada suatu penyakit. Terkait isi pesan berantai soal seberapa banyak virus Covid-19 yang bisa membuat seseorang terjangkit juga tidak benar.

KESIMPULAN

Informasi mengenai pesan berantai yang berisi petunjuk dari Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp. P (K) tentang bukti ilmiah terkait penularan covid-19 adalah tidak benar. Faktanya Semua golongan darah punya resiko yang sama untuk terkena Covid-19, faktor ganetik itu merupakan faktor kecil dalam mempengaruhi manifestasi penyakit. Masih ada faktor virus, lingkungan, dan sistem imun lain yang kompleks.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4438989/cek-fakta-tidak-benar-pesan-berantai-berisi-bukti-ilmiah-terkait-penularan-covid-19

2. https://mediacenter.temanggungkab.go.id/berita/detail/cek-fakta-bukti-ilmiah-penularan-covid19

3. https://kominfo.go.id/content/detail/31675/hoaks-pesan-berantai-berisi-bukti-ilmiah-terkait-penularan-covid-19/0/laporan_isu_hoaks