[HOAKS] - PESAN PENIPUAN DENGAN MODUS MEMINTA KODE VOUCHER GAME

Share :        
Senin, 19 Jul 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah tangkapan layar pesan di aplikasi Whatsapp dari nomor tak dikenal yang mengatasnamakan kasir mini market dengan meminta kode voucher game yang dikirimkan melalui SMS.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman berita inet.detik.com (12/01/2021), Ahli forensik IT Ruby Alamsyah menjadi salah satu penerimanya. Tidak hanya sekali, dia mendapatkan dua kali. Ruby mewanti-wanti untuk jangan asal menanggapi pesan WhatsApp tersebut.

"Ini modus baru penjahat untuk menggambil alih akun WhatsApp kita," ujarnya saat dihubungi detikINET, Selasa (12/1/2021).

Sementara dengan berpura-pura sebagai kasir Indomaret ataupun Alfamart lengkap dengan fotonya diharapkan korban merasa percaya dengan mudah ditipu.

Demikian pula voucher game, itu untuk kamuflase saja. "Kombinasi tiga jurus baru ini, si pelaku berharap si korban dapat diperdaya," ujar Ruby.

Selain itu, dilaporkan dari kompas.com (16/03/2021), Marketing Direktur Indomaret Wiwiek Yusuf menegaskan bahwa pesan tersebut bukan dituliskan oleh perusahaannya.

"Itu modus penipuan. Indomaret tidak pernah minta kode voucer, PIN, atau yang lainnya dari pelanggan," ujar Wiwiek saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Ia menambahkan, segala transaksi resmi hanya dilakukan melalui toko Indomaret dan klikindomaret.com.

"Para pelanggan dan masyarakat, harap lebih berhati-hati dengan adanya WA atau SMS yang mengatasnamakan petugas Indomaret," ujar Wiwiek.

"Kami tidak pernah minta data voucer, PIN, atau lainnya kepada pelanggan," lanjut dia.

Wiwek juga menyampaikan bahwa apabila pelanggan memiliki keraguan dan membutuhkan penjelasan lebih lanjut soal informasi yang mengatasnamakan pihak Indomaret, dapat menghubungi CS Indomaret di nomor 1500280 atau melalui situs indomaret.co.id.

KESIMPULAN

Informasi terkait pesan yang mengatasnamakan kasir minimarket dengan meminta kode voucher game yang dikirimkan melalui SMS, adalah tidak benar. Faktanya, Marketing Direktur Indomaret Wiwiek Yusuf menegaskan bahwa pesan tersebut bukan dituliskan oleh perusahaannya melainkan adalah modus penipuan. Indomaret tidak pernah minta kode voucer, PIN, atau yang lainnya dari pelanggan. Penjelasan lebih lanjut soal informasi yang mengatasnamakan pihak Indomaret, dapat menghubungi CS Indomaret di nomor 1500280 atau melalui situs indomaret.co.id.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta :

1. https://inet.detik.com/security/d-5330818/awas-whatsapp-penipuan-mengaku-kasir-indomaret--alfamart

2. https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/16/164500565/hoaks-pesan-dari-kasir-indomaret-minta-kode-voucer-game?page=all 3. https://kumparan.com/kumparantech/waspada-penipuan-minta-kode-voucher-game-kasir-indomaret-tulisan-thailand-1v4ZvwlH0rE