[HOAKS] - PLATFORM SIMPANAN DANA DIGITAL DENGAN JAMINAN KEAMANAN OLEH BANK INDONESIA

Share :        
Jumat, 20 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menginformasikan bahwa adanya platform digital mengatasnamakan Bank Indonesia (BI) dengan surat garansi anggota yang menjanjikan keamanan saldo bagi para anggotanya.

PENJELASAN

Dalam akun Instagram resmi milik Bank Indonesia @bank_indonesia (18/01/2023), diinformasikan bahwa BI menerima laporan adanya nasabah yang tertipu terhadap skema anggota yang diterapkan sebuah platform digital. Korban terlanjur memasukkan dana sebagai syarat keanggotaan, tetapi tidak dapat ditarik lagi dananya. 
 
Tak hanya itu, penyedia platform tersebut juga mengeluarkan surat garansi keamanan saldo anggota dengan menyebut saldo anggota mereka dijamin oleh Bank Indonesia.
 
Melalui #BIWaspadaHoaks kali ini, Bank Indonesia menyampaikan bahwa Bank Indonesia tidak terlibat dalam kegiatan tersebut. Bank Indonesia tidak pernah membuat perjanjian dengan platform bersangkutan. Platform tersebut juga telah menyalahgunakan nama Bank Indonesia dengan tanda tangan/cap lembaga yang dipalsukan.

Selain itu, dilaporkan dari laman berita kompas.com (19/01/2023) bahwa surat garansi anggota menjanjikan keamanan saldo mengatasnamakan BI adalah hoaks. 

KESIMPULAN

Informasi tentang adanya platform digital mengatasnamakan Bank Indonesia (BI) dengan surat garansi anggota yang menjanjikan keamanan saldo bagi para anggotanya, adalah tidak benar. Faktanya, BI tidak pernah bekerja sama dengan platform komersial, menjamin, atau mengganti kerugian dana nasabah.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta :

1. https://www.instagram.com/p/Cnjwb2Trrkx/?utm_source=ig_web_copy_link

2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/19/123600382/waspadai-scam-menjanjikan-keamanan-saldo-mengatasnamakan-bi