[HOAKS] - PRESIDEN DUNIA MR. DJUYOTO SUNTANI MINTA INDONESIA AKHIRI PSBB, BUMI BERSIH CORONA

Share :        
Senin, 05 Okt 2020

DISINFORMASI
Beredar sebuah artikel di media sosial berjudul "Presiden Dunia Mr. Djuyoto Suntani Minta Indonesia Akhiri PSBB, Bumi Bersih Corona." Dijelaskan bahwa negara Swedia, Israel, Jepang, Arab Saudi, Uni Emirates Arab, Brazil, Equador, Kanada, dll, langsung menghentikan kebijakan lockdown setelah diberi masukan oleh Presiden The World Peace Committee, Mr Djuyoto Suntani. Untuk itu diminta kepada Pemerintah RI dan Pemerintah Daerah untuk mengakhiri kebijakan PSBB serta tidak takut pada tekanan konspirasi global yang menciptakan isu sesat tentang virus corona.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam liputan6.com (17/05/2020) bahwa klaim Presiden The World Peace Committee (TWPC), Djuyoto Suntani, bahwa sejumlah negara mengakhiri lockdown setelah diberi masukan olehnya, adalah tidak terbukti. Adapun sejumlah negara yang akan mengakhiri lockdown menyatakan angka Covid-19 sudah mulai menurun dan alasan ekonomi juga membuat sejumlah negara tersebut melonggarkan lockdown.

Kepala Pejabat Kesehatan Masyarakat di Kanada, dr. Theresa Tam, mengatakan bahwa penyebaran kasus Covid-19 telah mereda di beberapa provinsi. Selain Kanada, ada sejumlah negara lain yang berencana melonggarkan lockdown. Di antaranya Jepang, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Israel. Keempat negara tersebut beralasan pelonggaran lockdown dilakukan karena menurunnya jumlah pasien Covid-19 dan untuk memulihkan kondisi ekonomi.

Namun ada sejumlah negara yang menolak lockdown, di antaranya Swedia dan Brasil. Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, memperingatkan bahwa langkah isolasi sosial yang lebih ketat dapat menghancurkan negara. Sedangkan, pakar penyakit pemerintah Swedia, Anders Tegnell, mengatakan bahwa strategi tanpa lockdown bisa sukses karena sistem kesehatan Swedia yang kuat.

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com juga tidak ditemukan adanya gelar Presiden Dunia atau President of the World yang dikenal dalam tata hubungan internasional.

Dilansir dari kumparan.com (15/05/2020), TWPC merupakan organisasi didirikan oleh Mr Djuyoto Suntani pada tahun 1997. Dia menyebut organisasinya dideklarasikan di Basile, Swiss, namun berkantor di Jepara, Jateng, kampung halamannya.

Djuyoto menyinggung PSBB tak cocok dengan budaya gotong royong Indonesian dan telah mendorong Presiden Joko Widodo untuk menghentikan langkah tersebut. Meski begitu, Djuyoto tak membeberkan langkah konkret untuk menghentikan penularan wabah corona. 

KESIMPULAN
Informasi dalam artikel berjudul "Presiden Dunia Mr Djuyoto Suntani meminta Indonesia Akhiri PSBB dan lockdown, Bumi Bersih Corona", adalah tidak benar. Faktanya, sejumlah negara yang akan mengakhiri lockdown menyatakan alasannya karena angka Covid-19 sudah mulai menurun dan alasan ekonomi, tidak disebutkan bahwa pelonggaran lockdown karena saran dari Mr Djuyoto Suntani. Selain itu juga tidak ditemukan adanya gelar Presiden Dunia atau President of the World yang dikenal dalam tata hubungan internasional.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4256204/cek-fakta-benarkah-sejumlah-negara-mengakhiri-lockdown-karena-saran-dari-presiden-dunia
2. https://kumparan.com/kumparannews/viral-djuyoto-suntani-presiden-perdamaian-dunia-yang-minta-psbb-disetop-1tQ2PWoMMkx/full