Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - PROMOSI PINJAMAN ONLINE BUNGA RENDAH DARI BCA DI FACEBOOK


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)
Rabu, 29 Mei 2024

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook mengenai tautan penawaran pinjaman online yang mengatasnamakan BCA (Bank Central Asia). Unggahan tersebut disertai tabel simulasi nominal serta bunga pinjaman per bulannya.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam tirto.id (16/05/2024) bahwa tautan yang beredar mengarahkan ke nomor +62 858-4902-**** dengan nama ADMIN BCA, namun akun WhatsApp tersebut tidak memiliki tanda centang keaslian (verified). Selain itu, nomor tersebut juga tidak terindentifikasi pada aplikasi Truecaller.

Adapun mengenai penawaran pinjaman, dalam situs resmi bca.co.id (30/12/2022) telah dimuat informasi berjudul "Waspada Penawaran Promo KTA yang Mengatasnamakan BCA Finance!"

Diinformasikan bahwa baru-baru ini terjadi modus penipuan baru berkedok penawaran promo KTA BCA Finance, khusus untuk nasabah BCA baik itu berupa brosur fisik yang disebar di ATM, ataupun berupa file PDF yang disebar melalui sarana WhatsApp/ email, bahkan bisa jadi lewat iklan di Instagram Ads.

Modus tersebut biasanya dilancarkan oleh penipu di mesin ATM BCA. Penipu menyebarkan/ menempel brosur promo KTA yang mengatasnamakan BCA Finance di mesin ATM BCA, dengan sasaran nasabah yang sedang berada di ATM BCA.

BCA mengimbau agar masyarakat untuk mengabaikannya karena itu hoaks. Demi keamanan data perbankan, diwajibkan langsung mengecek keaslian nomor/ akun.

Sebagai pegangan, berikut nomor/ akun resmi BCA dan BCA Finance:
- Nomor telepon resmi Halo BCA 1500888 (tanpa awalan apapun)
- Nomor WhatsApp Bank BCA 0811-1500-998 (ada centang hijau)
- Nomor WhatsApp BCA Finance 08111027780 (ada centang hijau)
- Akun resmi Instagram BCA adalah @GoodlifeBCA (ada centang biru)
- Akun resmi Instagram BCA Finance adalah @mybcaf dan juga @mybcaf.usedcar (ada centang biru)

Untuk mengetahui semua akun resmi sosial media BCA bisa cek langsung di www.bca.co.id/socialmedia. Dan yang terpenting, masyarakat harus menjaga kerahasiaan data pribadi perbankan seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP. BCA tidak pernah meminta data pribadi lewat telepon, link, atau sarana apapun.

Terakhir, apabila menemukan selebaran brosur seperti gambar yang dimuat ataupun informasi mencurigakan yang mengatasnamakan bank BCA/ BCA Finance, laporkan langsung ke Halo BCA di 1500888 atau via aplikasi haloBCA yang bisa di-install di Google Play Store atau Apple App Store.

KESIMPULAN
Informasi tentang  tautan penawaran pinjaman online mengatasnamakan BCA, adalah tidak benar. Faktanya, tautan tersebut bukan berasal dari akun resmi Bank BCA dan nomor WhatsApp yang tertera juga bukan kontak yang terdaftar resmi di situs Bank BCA.

SUMBER FAKTA:

  1. https://tirto.id/modus-penipuan-mengatasnamakan-pinjaman-bank-bca-gYGL

  2. https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2022/12/30/03/47/waspada-penawaran-promo-kta-yang-mengatasnamakan-bca-finance

Bagikan: