[HOAKS] - RADIASI PONSEL MENINGKAT 1000 KALI LIPAT JIKA BATERAI TERSISA KURANG DARI 10 PERSEN

Share :        
Jumat, 20 Mei 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook bahwa radiasi ponsel genggam akan meningkat 1000 kali ketika kondisi baterai kurang dari 10 persen.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com (19/05/2022) dan aap.com.au (13/05/2022), Rodney Croft, Ketua International Commission on Non-Ionizing Radiation Protection (ICNIRP) dan Direktur Australian Centre for Electromagnetic Bioeffects Research mengatakan bahwa hal yang mempengaruhi tingkat radiasi ponsel adalah kedekatannya dengan stasiun pangkalan seluler atau biasa dikenal sebagai BTS.

"Besarnya RF EMFs (radiofrequency electromagnetic fields) yang dipancarkan dari telepon bervariasi dan dipengaruhi banyak faktor, seperti jarak dari base station (semakin dekat base station, semakin sedikit RF EMF yang diserap oleh seseorang)," kata Croft.

Menurut Croft, di sebagian besar negara, seperti di Australia, tingkat radiasi tertinggi yang diizinkan untuk dipancarkan oleh ponsel, terlepas dari situasinya, tidak dapat melebihi batas yang ditentukan dalam standar keamanan RF EMF.

"RF EMF dari ponsel tidak akan membahayakan orang karena tidak melebihi batas keamanan; eksposur yang jauh lebih tinggi dari batas keamanan diperlukan untuk menyebabkan bahaya," tuturnya.

Croft mengatakan RF EMF tidak meningkat karena daya baterai ponsel semakin rendah. "Hanya ada sejumlah kecil penelitian yang dilakukan untuk menjawab masalah ini, tetapi penelitian yang telah dilakukan gagal menemukan peningkatan paparan RF EMF pada seseorang selama panggilan," ujar Croft.

Salah satu penelitian itu adalah sebuah studi di Iran pada 2019 dengan mengamati satu model ponsel. Hasilnya, tidak ditemukan perbedaan tingkat radiasi dengan kondisi baterai saat menerima panggilan. Penelitian itu memang menemukan sedikit peningkatan radiasi (sekitar 3,5 kali) ketika baterai ponsel tersisa 1 persen dan dipaksa melakukan panggilan.

KESIMPULAN
Informasi bahwa radiasi ponsel akan meningkat saat kondisi baterai berada di angka 10 persen, adalah tidak benar. Faktanya, hal yang mempengaruhi tingkat radiasi ponsel adalah kedekatannya dengan stasiun pangkalan seluler atau biasa dikenal sebagai BTS.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/19/141000982/-hoaks-radiasi-ponsel-meningkat-saat-kondisi-low-battery?page=all#page2
2. https://www.aap.com.au/factcheck/radiation-link-to-low-phone-battery-lacks-power/