Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - RAMALAN THE SIMPSONS TENTANG PENYEBARAN NYAMUK BIONIK WOLBACHIA DI INDONESIA


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)
Kamis, 16 Mei 2024

[HOAKS] Ramalan The Simpsons Tentang Penyebaran Nyamuk Bionik Wolbachia  di indonesia

 

DISINFORMASI

Beredar sebuah unggahan di media sosial Instagram yang memuat informasi bahwa ramalan The Simpsons tentang penyebaran nyamuk bionik Wolbachia  di Indonesia.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dari laman berita kompas.com (25/04/2024) bahwa cuplikan The Simpsons dalam konten tersebut berasal dari episode 289 berjudul "Little Girl in the Big Ten" yang tayang perdana pada 12 Mei 2002.

Dikutip dari Simpsonswiki.com, Bart Simpsons dikisahkan digigit nyamuk dari China yang menyusup ke dalam mainan plastik Krusty-saurus dan terinfeksi "Panda Virus".

Untuk mencegah virus itu menular ke orang lain, Dr Hibbert menempatkan Bart di dalam gelembung plastik raksasa yang membuatnya tersiksa karena tidak bisa makan dan mandi.

Seiring berjalannya waktu, Bart terbiasa dengan kehidupannya di dalam gelembung. Namun, Bart mengalami agorofobia ketika akhirnya keluar dari gelembungnya. Bart pun memilih tinggal di ventilasi udara. Episode berakhir dengan Bart tersedot ventilasi.

Dapat disimpulkan bahwa cuplikan episode tersebut tidak menceritakan tentang pelepasan nyamuk bionik atau pun nyamuk Wolbachia di Indonesia.

Menanggapi informasi tentang nyamuk bionik wolbachia, telah dimuat artikel dalam website resmi milik Kementerian Kesehatan RI sehatnegeriku.kemkes.go.id (16/11/2023) berjudul "Inovasi Wolbachia Efektif Turunkan Kasus DBD Sudah Teruji Berhasil Di Berbagai Negara".

Diinformasikan bahwa Kementerian Kesehatan menerapkan inovasi teknologi Wolbachia untuk menurunkan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia. 

Teknologi Wolbachia melengkapi strategi pengendalian yang berkasnya sudah masuk ke Stranas (Strategi Nasional). Sebagai pilot project di Indonesia, dilaksanakan di lima kota yaitu Kota Semarang, Kota Jakarta Barat, Kota Bandung, Kota Kupang dan Kota Bontang berdasarkan Keputusan Menteri kesehatan RI Nomor 1341 tentang Penyelenggaran Pilot project Implementasi Wolbachia sebagai inovasi penanggulangan dengue.

Wolbachia ini dapat melumpuhkan virus dengue dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, sehingga virus dengue tidak akan menular ke dalam tubuh manusia. Jika Aedes aegypti jantan berwolbachia kawin dengan Aedes aegypti betina maka virus dengue pada nyamuk betina akan terblok. Selain itu, jika yang ber-Wolbachia itu nyamuk betina kawin dengan nyamuk jantan yang tidak ber-Wolbachia maka seluruh telurnya akan mengandung Wolbachia.

Sebelumnya Uji coba penyebaran nyamuk ber-Wolbachia telah dilakukan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul pada tahun 2022. Hasilnya, di lokasi yang telah disebar Wolbachia terbukti mampu menekan kasus demam berdarah hingga 77 persen, dan menurunkan proporsi dirawat di rumah sakit sebesar 86%.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani juga menegaskan adanya penurunan penyebaran dengue yang signifikan setelah adanya penerapan Wolbachia.

Kendati demikian, keberadaan inovasi teknologi Wolbachia tidak serta merta menghilangkan metode pencegahan dan pengendalian dengue yang telah ada di Indonesia. Masyarakat tetap diminta untuk melakukan gerakan 3M Plus seperti Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang serta tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

KESIMPULAN

Informasi tentang ramalan The Simpsons tentang penyebaran nyamuk bionik Wolbachia  di Indonesia, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, cuplikan The Simpsons dalam konten yang beredar berasal dari episode 289 berjudul "Little Girl in the Big Ten" yang tayang perdana pada 12 Mei 2002. Episode tersebut tidak menceritakan tentang pelepasan nyamuk bionik atau pun nyamuk Wolbachia di Indonesia.

SUMBER FAKTA:

  1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/25/205500482/-hoaks-the-simpsons-prediksi-pelepasan-nyamuk-wolbachia-di-indonesia/

  2. https://simpsonswiki.com/wiki/Little_Girl_in_the_Big_Ten

  3. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231113/5944254/inovasi-wolbachia-efektif-turunkan-kasus-dbd/

Bagikan: