[HOAKS] - RAMUAN BARU: REBUSAN GENJER SAWAH EFEKTIF TURUNKAN KADAR GULA DARAH

Share :        
Jumat, 12 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan di Facebook yang menyatakan bahwa rebusan dari tanaman genjer sawah dapat menurunkan kadar gula darah.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui hal tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH mengatakan, klaim yang menyebutkan air rebusan genjer sawah dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes adalah hoaks. "Hoaks," kata Ari, Sabtu (6/8/2022). 

Menurutnya, informasi semacam itu dapat membahayakan, khususnya bagi penderita non-insulin-dependent diabetes melitus (NIDDM) atau diabetes tipe 2. "Mesti hati-hati menerima info seperti ini, khususnya yang penderita NIDDM," ujar dia.

Adapun diabetes melitus tipe 2 merupakan gangguan dalam cara tubuh mengatur dan menggunakan gula (glukosa) sebagai bahan bakar. Kondisi kronis ini menyebabkan terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah. Menurut sejumlah ahli medis, saat belum ada obat untuk sembuh total dari diabetes tipe 2. Pasien dapat mengontrol penyakit ini dengan cara menurunkan berat badan, makan dengan baik, dan berolahraga.

Senada dengan itu, dilansir dari liputan6.com, Guru Besar Fakultas Farmasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof apt Zullies Ikawati PhD menyatakan bahwa mengonsumsi air rebusan genjer belum terbukti ampuh menyembuhkan diabetes.

"Informasi-informasi semacam itu baru dalam tahap testimoni atau penelitian menggunakan hewan uji, di mana hasilnya masih bervariasi, dan belum tentu sama efeknya pada manusia," kata Zullies, Jumat (5/8/2022).

Menurut Zullies, genjer memang bisa dikonsumsi untuk dijadikan sayuran. Namun untuk menyembuhkan diabetes, hal itu tidak terbukti.

"Belum bisa dipastikan efeknya pada manusia. Tapi kalau mau dicoba ya silahkan, kan memang itu bisa menjadi sayuran yang bisa dimakan," tambah Zullies.

KESIMPULAN

Klaim rebusan genjer sawah dapat menurunkan kadar gula darah adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa rebusan genjer sawah bisa menurunkan kadar gula darah.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/08/200200182/-hoaks-air-rebusan-genjer-sawah-berkhasiat-turunkan-gula-darah?page=all

2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5034652/cek-fakta-tidak-terbukti-mengonsumsi-air-rebusan-genjer-bisa-obati-diabetes