[HOAKS] - RATUSAN KEMASAN MINYAK GORENG SENGAJA DIBUANG KE LAUT

Share :        
Senin, 15 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan ratusan minyak goreng kemasan di tengah laut dievakuasi kembali ke atas kapal. Akun Facebook yang mengunggah video tersebut menghubungkan video dengan peristiwa sabotase Partai Komunis Indonesia (PKI) tahun 1965, yang ia klaim terjadi ketika beras dan bahan pokok lainnya dibuang ke laut pada periode tersebut.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim JalaHoaks, video yang beredar memang identik dengan video ratusan kemasan minyak goreng mengambang di lautan yang berseliweran di media sosial yang diduga terjadi di laut Jawa.

Dilaporkan dari laman berita detik.com (05/08/2022) bahwa Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengungkapkan ratusan minyak goreng kemasan yang mengapung di laut itu disebabkan oleh kecelakaan kapal kargo yang mengangkut bahan pokok.

"Info dari produsen, itu karena kecelakaan kapal. Jadi minyak gorengnya jatuh ke laut," kata Syailendra, Kamis (8/7/2022).

Syailendra mengatakan kecelakaan kapal itu terjadi di wilayah perairan Riau. Sementara produsen minyak goreng yang dimaksud ialah produsen minyak goreng Fortune.

"Itu bukan di laut Jawa ya, itu di Riau. Jadi memang kecelakaan. Saat ini masih dicek," jelas Syailendra.

Untuk memperjelas pernyataannya, Syailendra juga mengirimkan sebuah video kepada detikcom tentang adanya kecelakaan Kapal Kargo Aneka Maju yang terjadi di Selat Malaka, perairan Riau. Tampak juga dari video tersebut ratusan minyak goreng kemasan jatuh ke laut.

Selain itu, telah diklarifikasi oleh salah satu media penangkal hoaks cekfakta.tempo.co (11/08/2022) bahwa video berdurasi 17 detik yang diklaim merupakan peristiwa evakuasi ribuan kemasan minyak goreng di laut Jawa, sebagian benar. Namun, peristiwa itu merupakan kecelakaan kapal kargo yang terjadi di perairan laut Riau. 

KESIMPULAN

Informasi dalam video tentang ratusan minyak goreng kemasan dibuang ke laut, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, ratusan minyak goreng kemasan yang mengapung di laut itu disebabkan oleh kecelakaan kapal kargo yang mengangkut bahan pokok.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta :

1. https://www.detik.com/bali/berita/d-6217375/heboh-video-ratusan-minyak-goreng-kemasan-tumpah-di-laut

2.https://cekfakta.tempo.co/fakta/1842/sebagian-benar-ratusan-minyak-goreng-tumpah-ruah-di-laut-jawa

3. https://www.instagram.com/p/Cgt3n9CDS7a/