[HOAKS] - REBUSAN TEPUNG KANJI DAN GULA MERAH OBATI ASAM LAMBUNG

Share :        
Jumat, 17 Jun 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menampilkan tepung kanji berkhasiat untuk mengobati asam lambung.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks bahwa diketahui klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari laman kompas.com (09/06/2022) Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam membantah klaim tepung kanki berkhasiat mengobati untuk asam lambung.

Ari juga mengatakan, klaim tersebut tidak benar alias hoaks. Ari juga menambahkan hoaks itu telah disebarkan berulang kali.

“Hoaks yang menyesatkan dan sudah banyak korban, dan hoaks lama yang diulang-ulang diviralkan,” ucap Ari.

Menurut Ari, tidak ada bukti uji klinis yang menunjukkan konsumsi rebusan tepung kanji secara rutin dapat mengobati dan mencegah asam lambung kambuh.

“Bahkan, pasien-pasien jadi kambuh maagnya mengikuti anjuran ini,”ucap Ari.

KESIMPULAN

Klaim tepung kanji berkhasiat untuk mengobati asam lambung adalah tidak benar. Faktanya tidak ada bukti uji klinis yang menunjukkan konsumsi rebusan tepung kanji secara rutin dapat mengobati dan mencegah asam lambung kambuh.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/09/142000582/-hoaks-rebusan-tepung-kanji-berkhasiat-mengobati-asam-lambung?page=all

2. https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-19650804/atasi-penyakit-asam-lambung-dengan-mengkonsumsi-tepung-kanji