[HOAKS] - RUSIA MEMBELA INDONESIA DAN MENGEBOM AUSTRALIA KARENA KONFLIK PULAU PASIR

Share :        
Kamis, 17 Nov 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan orang-orang berlarian di dalam dan luar ruangan. Diklaim, orang-orang dalam video tersebut adalah kepanikan warga Australia yang berlarian dan menjerit ketakutan akibat serangan Rusia karena sengketa Pulau Pasir antara Indonesia dan Australia.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dari laman berita kompas.com (14/11/2022) bahwa ditemukan potongan video identik dengan yang video yang beredar pada situs Dailymail dailymail.co.uk (07/08/2019).

Diinformasikan bahwa potongan video orang berlarian merupakan peristiwa di Times Square, New York, Amerika Serikat. Orang-orang itu panik karena mengira suara letusan sepeda motor sebagai suara senjata api, hingga berlarian dan mengakibatkan 22 orang terluka.

Selain itu, video gedung putih dengan mobil terbakar didepannya dan jembatan roboh serta terbakar, merupakan kejadian dalam perang Ukraina-Rusia dan telah dimuat di situs Dailymail dailymail.co.uk (11/10/2022).

Adapun terkait status kepemilikan Gugusan Pulau Pasir, dikutip dari detik.com (27/10/2022) bahwa Kementerian Luar Negeri (Kemlu) buka suara soal kepemilikan Pulau Pasir atau Ashmore yang disebut-sebut diklaim Australia. Kemlu menegaskan Pulau Pasir tidak pernah menjadi bagian dari Hindia Belanda maupun Indonesia.

"Jadi wilayah NKRI berdasarkan hukum internasional yang kita sebut asas uti possidetis juris adalah bekas wilayah Hindia Belanda dan dalam konteks ini Pulau Pasir atau Ashmore tidak pernah menjadi bagian dari wilayah Hindia Belanda. Dengan demikian, ketika Indonesia merdeka, Ashmore tidak pernah menjadi bagian dari wilayah NKRI," kata Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional L Amrih Jinangkung dalam press briefing Kemlu seperti dilansir detikNews, Kamis (27/10/2022).

KESIMPULAN

Informasi dalam video tentang kepanikan warga Australia yang berlarian dan menjerit ketakutan akibat serangan Rusia karena sengketa Pulau Pasir antara Indonesia dan Australia, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, video yang beredar merupakan sejumlah video yang digabungkan. Sedangkan, Kepulauan Pasir diakui Pemerintah Indonesia sebagai milik Australia sehingga tidak terjadi sengketa antara dua negara.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Maniupulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta :

1. https://amp.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/14/223000682/-hoaks-video-warga-australia-berlarian-karena-serangan-rusia

2. https://www.dailymail.co.uk/news/article-7330445/Panic-Times-Square-motorcycle-backfire-sends-crowds-running.html

3. https://www.dailymail.co.uk/news/article-11300793/IAN-BIRRELL-day-death-rained-sky-Putins-furious-barrage-84-missiles.html

4. https://www.detik.com/jateng/bisnis/d-6372964/heboh-pulau-pasir-diklaim-australia-ternyata-memang-bukan-punya-ri