[HOAKS] - RUTIN MEMAKAN KUACI KURANGI RASA SAKIT KONTRAKSI MELAHIRKAN

Share :        
Senin, 01 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informas di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa rutin memakan kuaci dapat mengurangi rasa sakit saat kontraksi melahirkan bagi ibu hamil.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com (28/07/2022), dokter spesialis kandungan dan juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Dr dr Wawang S Sukarya, SpOG (K), MARS, MHKes menyatakan bahwa klaim sering makan kuaci sebelum hari persalinan dapat meringankan rasa sakit saat kontraksi adalah klaim yang keliru. 

"Saat kontraksi uterus hanya bisa diatasi dengan obat-obat anti protaglandin seperti asam mefenamat, phenyl butazon, dan lain-lain," kata Wawang Rabu (27/07/2022).

Ia mengatakan, klaim tersebut juga tidak atau belum memiliki landasan ilmiah yang sahih. "Tidak ada atau belum ada bukti bahwa makan kuaci akan menghilangkan kontraksi uterus," tuturnya.

KESIMPULAN
Informasi bahwa rutin makan kuaci dapat mengurangi rasa sakit saat kontraksi melahirkan bagi ibu hamil, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah bahwa rutin makan kuaci dapat mengurangi sakit saat kontraksi.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/28/093552782/hoaks-sering-makan-kuaci-dapat-mengurangi-rasa-sakit-saat-kontraksi?page=all
2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/43372/hoaks-sering-makan-kuaci-dapat-mengurangi-rasa-sakit-saat-kontraksi/0/laporan_isu_hoaks