[HOAKS] - RUTIN MEMINUM AIR PANAS MENYEHATKAN GINJAL

Share :        
Kamis, 30 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menginformasikan bahwa meminum air panas dapat menyehatkan ginjal. Selain itu, juga dijelaskan dampak buruk terhadap ginjal dan bagian-bagian tubuh lainnya jika seseorang suka minum es atau minuman dingin.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut  tidak benar. Dilansir dari cekfakta.tempo.co (28/06/2022), Konsultan Ginjal dan Hipertensi (Nephrology) di Medan, dr. Syafrizal Nasution, Sp.PD-KGH mengatakan, meminum air panas atau dingin tidak ada pengaruhnya bagi ginjal. Semua dianggap sama saja.

“Karena tubuh manusia mempunyai mekanisme mempertahankan apa yang ada dan menyesuaikan dengan apa yang dimakan atau diminum. Termasuk ginjal, selama ginjal itu masih sehat,” ujarnya, Senin, 27 Juni 2022.

Menurutnya, ginjal memiliki mekanisme pengaturan dalam menyeimbangkan cairan, elektrolit, dan asam basa yang saling berkaitan. Ginjal dan kulit juga yang mengatur suhu air, bukan organ limpa.

Selain itu, tidak ada hubungannya jika orang minum es dan minuman dingin akan membuat ginjal lemah, punggung dan pinggang sering linu, ingatan melemah kaki dan tangan sering mati rasa. Namun hal itu berkaitan dengan dehidrasi.

Cara untuk menjaga kesehatan ginjal, yaitu tetap aktif dan menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, mengonsumsi air sebanyak delapan gelas sehari juga merupakan hal penting supaya asupan air tetap terjaga.

KESIMPULAN
Informasi bahwa meminum air panas dapat menyehatkan ginjal, adalah tidak benar. Faktanya, meminum air panas atau dingin tidak ada pengaruhnya bagi ginjal karena tubuh manusia mempunyai mekanisme mempertahankan apa yang ada dan menyesuaikan dengan apa yang dimakan atau diminum.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks:  Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1763/keliru-minum-air-panas-menyehatkan-ginjal
2. https://gaya.tempo.co/read/1597564/termasuk-organ-vital-tubuh-berikut-6-cara-menjaga-kesehatan-ginjal