[HOAKS] - RACIKAN KELAPA BAKAR DAN REMPAH AMPUH SEMBUHKAN BATU GINJAL

Share :        
Selasa, 17 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar sebuah informasi di media sosial Facebook yang menyebut jika meminum air racikan dari kelapa bakar yang dicampur dengan rempah-rempah dapat menyembuhkan batu ginjal. Selain batu ginjal, beberapa penyakit lain juga diklaim dapat disembuhkan, diantaranya liver, darah rendah hingga asam urat.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui jika informasi tersebut keliru.

Narasi yang menyebut mengonsumsi air kelapa muda bakar dicampur rempah-rempah dapat menyembuhkan batu ginjal hingga asam urat pernah beredar di media sosial ada Maret 2022 lalu.

Diberitakan liputan6.com (18/03/2022), klaim tersebut dibantah oleh Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Zullies Ikawati, Apt. Menurutnya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Prof Zullies mengatakan bahwa mengonsumsi air kelapa muda bakar dicampur rempah-rempah tidak bisa menyembuhkan batu ginjal hingga asam urat.

"Mungkin rasanya enak, tapi tidak segitunya sampai menyembuhkan gangguan ginjal, liver, dan asam urat. Dan masing-masing penyakit itu kan ada macamnya dan penyebabnya, tidak bisa dipukul rata begitu," tambah dia.

Selain itu, dilansir dari kompas.com (16/03/2022), Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi dr Tunggul Situmorang, Sp. PD-KGH dari RS Cipto Mangunkusumo turut menambahkan jika dalam dunia kedokteran, apa yang diyakini benar harus berdasarkan fakta atau evidence based medicine (EBM) dan bukan testimoni semata. Sehingga hasil yang dicapai dari sebuah pengobatan harus jelas terbukti karena memang ada tindakan yang dilakukan, baik itu minum obat atau ramuan khusus.


KESIMPULAN

Klaim yang menyebut bahwa batu ginjal dapat disembuhkan dengan ramuan air kelapa muda bakar dicampur rempah-rempah adalah salah. Faktanya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4915261/cek-fakta-tidak-terbukti-minum-air-kelapa-muda-bakar-bisa-sembuhkan-batu-ginjal-hingga-asam-urat

2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/16/161600882/benarkah-rebusan-air-kelapa-muda-dapat-menyembuhkan-batu-ginjal-?page=all