[HOAKS] - RAPID TEST DIHAPUS MULAI 1 FEBRUARI 2021 DAN DIGANTI KUNYAH BIJI JAGUNG

Share :        
Selasa, 02 Feb 2021

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp bahwa mulai 1 Februari 2021 rapid test dihapuskan dari seluruh bandara dan stasiun kereta api karena mahal, diganti dengan kunyah biji jagung selama 1 - 2 menit lalu dikeluarkan lagi. Hasilnya non reaktif jika yang keluar tetap biji jagung asli, tetapi positif Covid-19 jika yang keluar adalah pop corn.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) penumpang.kai.id dalam Informasi "Persyaratan Naik Kereta Api di Masa Pendemic Covid-19," disebutkan bahwa salah satu update informasi persyaratan naik kereta api jarak jauh dan menengah di masa pandemic Covid-19 adalah wajib menunjukkan surat keterangan hasil pemeriksaan genose test atau rapid test antigen atau RT-PCR yang menyatakan negatif Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan, sesuai (surat edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2021).

Sedangkan pada situs resmi PT. Angkasa Pura ap1.co.id dalam "Pedoman Protokol New Normal" di 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports, disebutkan salah satu dokumen persyaratan protokol perjalanan udara yakni menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji rapid-test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Sedangkan dilansir dari qastack.id, diperlukan suhu 175-180° Celcius dengan panci panggang yang sangat panas untuk membuat pop corn. Tidak bisa dicapai dengan suhu tubuh manusia yang jika melebihi angka 41,1° Celsius bisa menderita hiperpireksia.

KESIMPULAN
Informasi bahwa mulai 1 Februari 2021 rapid test dihapuskan dari seluruh bandara dan stasiun kereta api dan diganti dengan kunyah biji jagung selama 1 - 2 menit, adalah tidak benar. Faktanya, uji rapid test masih digunakan sebagai protokol perjalanan oleh PT. KAI dan PT. Angkasa Pura, sedangkan untuk membuat pop corn dibutuhkan suhu sekitar 175-180° Celcius yang tidak bisa dicapai oleh tubuh manusia.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta :
1. https://penumpang.kai.id/promo?id=257
2. https://ap1.co.id/contents/images/pdf/untitled%20folder/IND%20-%20New%20Normal%20Protocol%20Covid19.pdf
3. https://www.alodokter.com/memahami-suhu-tubuh
4. https://qastack.id/cooking/59648/how-hot-does-popcorn-need-to-be-before-it-pops