[HOAKS] - RAZIA STNK DIMULAI HARI INI, NIH JADWAL DAN LOKASINYA

Share :        
Jumat, 10 Jul 2020

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp berjudul "Razia STNK Dimulai Hari Ini, Nih Jadwal dan Lokasinya" yang menginformasikan bahwa Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Polri menggelar razia STNK bagi kendaraan yang telrlambat membayar pajak kendaraan.

[HASIL PENELUSURAN]
Berdasarkan hasil penusuran, pesan berantai serupa telah beredar pada tahun 2019 dan telah dikonfirmasi sebagai informasi hoaks.

Dilaporkan dalam viva.co.id (24/01/2019), dalam pesan berantai itu disebutkan razia dimulai pada Kamis, 24 Januari 2019. Pesan berantai juga merinci lokasi mana saja di Ibu Kota yang akan menjadi tempat polisi menggelar razia. Ketika dikonfirmasi kepada Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf, ternyata tidak benar alias hoaks.

"Informasi tersebut hoaks," ujar Yusuf saat dikonfirmasi.

Yusuf mengimbau agar masyarakat tidak mudah mempercayai pesan yang belum dipastikan kebenarannya. Ia pun meminta semua pihak yang menerima pesan tersebut untuk tidak memviralkannya lagi.

KESIMPULAN
Informasi dalam pesan berjudul "Razia STNK Dimulai Hari Ini, Nih Jadwal dan Lokasinya", adalah tidak benar. Faktanya, pesan berantai serupa telah beredar setahun yang lalu pada Kamis (24/01/2019) dan telah dikonfirmasi oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya sebagai informasi hoaks.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber fakta:
1. https://megapolitan.okezone.com/read/2019/01/24/338/2008851/beredar-pesan-razia-kendaraan-di-jadetabek-polisi-hoaks
2. https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1114791-viral-razia-stnk-di-jakarta-ternyata-hoax
3. https://tirto.id/soal-razia-stnk-telat-bayar-pajak-di-jakarta-polisi-itu-hoaks-de5l