[HOAKS] - RUSIA MENUTUP KANTOR CABANG WHO DI MOSKOW

Share :        
Jumat, 05 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan di Twitter yang menyatakan bahwa pihak Rusia akan menutup kantor cabang WHO di Moskow, Rusia.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com, juru bicara WHO Bhanu Bhatnagar menegaskan bahwa informasi yang beredar itu tidak benar. "Klaim itu salah," kata Bhatnagar pada 1 Agustus 2022.

Pihaknya menjelaskan, organisasi ini masih beroperasi di Rusia dan kantornya tetap buka. "WHO terus beroperasi di Federasi Rusia, baik melalui Kantor Negara kami dan Kantor Penyakit Tidak Menular (PTM) kami," ucapnya. WHO terus beroperasi di Federasi Rusia melalui banyak kantor.

Sebagai informasi tambahan, dilansir dari who.int, kantor cabang WHO di federasi Rusia didirikan pada Desember 1998 di Moskow. Adapun kantor PTM WHO juga berada di Moskow. Kantor ini bertugas mengoordinasi 53 negara di wilayah Eropa. Bhatnagar menginformasikan bahwa WHO sempat memutuskan untuk menjajaki kemungkinan memindahkan Kantor PTM mereka ke luar Rusia pada Mei 2022. 

Namun, kantor tersebut saat ini masih beroperasi di Moskow. Bhatnagar mengatakan, rencana ini hanya berlaku untuk Kantor PTM WHO dan tidak memengaruhi kantor WHO untuk Federasi Rusia yang berlokasi di Moskow.

KESIMPULAN

Klaim postingan mengenai Rusia menutup cabang WHO di Moskow adalah tidak benar. Faktanya, kantor cabang WHO di Moskow masih beroperasi seperti biasa.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/02/161518482/cek-fakta-benarkah-rusia-menutup-kantor-who-di-moskwa?page=all#page2

2. https://www.reuters.com/article/factcheck-who-russia-office/fact-check-the-world-health-organization-is-still-active-in-russia-as-of-july-2022-contrary-to-social-media-posts-idUSL1N2ZD0LQ

3. https://www.who.int/russian-federation/about-us