[HOAKS] - SEPAK BOLA INDONESIA KELUAR AFF DAN AKHIRNYA BERGABUNG DENGAN EAFF

Share :        
Selasa, 19 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Tiktok dengan narasi yang menyebutkan bahwa Indonesia resmi keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan akan bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa video yang beredar adalah hoaks. Dilansir dari kompas.com (18/07/2022), saat ini PSSI baru sekedar mengajukan surat kepada AFF untuk melakukan investigasi pertandingan antara Thailand dan Vietnam di Piala AFF U19 yang diduga ada praktek match fixing yang membuat Indonesia gagal lolos ke semifinal.

Sementara itu, kabar bahwa Timnas Indonesia keluar dari AFF dan bergabung dengan EAFF merupakan desakan warganet yang kecewa dengan hasil di Piala AFF U19 2022. Dalam turnamen tersebut, Indonesia gagal ke semifinal karena peraturan head-to-head. Diketahui, aturan head-to-head yang digunakan pada Piala AFF U19 2022 ini sudah tidak diberlakukan lagi di FIFA.

Sampai artikel ini dibuat, belum ada pernyataan resmi dari PSSI terkait kabar yang menyatakan bahwa Indonesia akan keluar dari AFF dan bergabung ke EAFF.

KESIMPULAN
Informasi dalam video yang menyatakan bahwa Indonesia resmi keluar dari AFF dan akan bergabung dengan EAFF, adalah tidak benar. Faktanya, PSSI baru sekadar mengajukan surat kepada AFF untuk melakukan investigasi pertandingan antara Thailand dan Vietnam di Piala AFF U19 yang diduga ada praktek match fixing.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/18/164000882/-hoaks-sepak-bola-indonesia-resmi-keluar-dari-aff?page=all
2. https://www.kompas.tv/article/309436/indonesia-dipaksa-keluar-dari-aff-dan-bergabung-ke-eaff