[HOAKS] - SIMPATISAN PENDUKUNG ANIES BASWEDAN CURI START KAMPANYE

Share :        
Senin, 01 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook yang memuat tangkapan layar berita berjudul "Komunitas Muda Untuk Anies (KOMUNIES) Melakukan Pembagian Nasi Lengkuas Kepada Fakir Miskin," tertanggal 19 Juli 2022. Diklaim bahwa pendukung Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mencuri start kampanye dengan membagikan nasi lengkuas kepada kafir miskin.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Dari penelusuran melalui mesin pencarian Google tidak ditemukan artikel dengan judul seperti pada postingan Facebook yang beredar.

Adapun, foto serupa yang ada dalam tangkapan layar berita tersebut diketahui digunakan pada berita berjudul “Bagi Sembako untuk Menang, Pengamat: Kenapa Bukan Sophia Latjuba Berpasangan dengan Djarot?” yang tayang di jakartasatu.com pada Senin, 17 April 2017, yang membahas tentang fenomena pembagian sembako untuk menaikkan elektabilitas.

KESIMPULAN
Informasi dalam tangkapan layar berita dengan klaim pendukung Gubernur Anies Baswedan mencuri start kampanye, adalah tidak benar. Faktanya, tangkapan layar tersebut merupakan hasil suntingan dan foto yang digunakan sudah beredar sejak 2017.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://jakartasatu.com/2017/04/17/bagi-sembako-untuk-menang-pengamat-kenapa-bukan-sophia-latjuba-berpasangan-dengan-djarot/
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0k8aMOOK-cek-fakta-foto-pendukung-anies-baswedan-curi-start-kampanye-bagi-bagi-kebutuhan-pokok-ini-faktanya
3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-anies-baswedan-curi-start-kampanye-bagikan-nasi.html