[HOAKS] - SMS PEMBERITAHUAN PEMENANG BERKAH PERTAMINA RP. 189 JUTA

Share :        
Jumat, 19 Nov 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui SMS yang memuat pemberitahuan bahwa pemilik nomor telepon yang menerima SMS telah terpilih menerima Berkah Pertamina sebesar Rp. 189 Juta. Pesan mencantumkan link bit.ly/cspertamina57.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam akun Twitter resmi PT. Pertamina (Persero) @pertamina (28/08/2019), telah diklarifikasi bahwa informasi tersebut adalah penipuan. Diinformasikan,  pengumuman resmi pemenang Berkah Energi Pertamina hanya bisa dilihat melalui website mypertamina https://berkahenergi.mypertamina.id.

Dalam website resmi pertamina.com juga telah dipublikasikan pemberitahuan berjudul "Waspada Penipuan" dengan salah satu poin penjelasan terkait hadiah dan pemberian, sebagai berikut:

"Pemberian hadiah dan uang sering diterima melalui pesan singkat dan/ atau e-mail yang mengaku dari PERTAMINA, Indonesia, yang menyatakan bahwa penerima pesan tersebut telah memenangkan promo undian berhadiah dan program sejenis yang dikeluarkan PT. PERTAMINA (PERSERO), dan meminta kepada yang bersangkutan untuk mengirimkan uang agar mendapatkan hadiah tersebut. Mohon diketahui bahwa PT PERTAMINA (PERSERO) tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melalui e-mail/ sms."

Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap informasi dari alamat yang bukan milik PT. Pertamina (Persero) baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris meminta sejumlah uang, serta tidak mengungkapkan data pribadi atau data keuangan pribadi melalui website yang tidak dipercaya.

KESIMPULAN
Informasi tentang SMS hadiah Berkah Pertamina sebesar Rp. 189 Juta, adalah tidak benar. Faktanya, pengumuman resmi pemenang Berkah Energi Pertamina hanya bisa dilihat melalui website mypertamina https://berkahenergi.mypertamina.id dan PT. Pertamina (Persero) tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melaui e-mail/ sms.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://twitter.com/pertamina/status/1166586869393580044
2. https://www.pertamina.com/id/waspada-penipuan
3. https://turnbackhoax.id/2021/08/16/salah-subsidi-hadiah-nasional-berkah-energi-pertamina-periode-3/
4. https://www.suara.com/news/2021/08/16/192116/cek-fakta-benarkah-pertamina-bagi-undian-subsidi-pemerintah-rp-189-juta?page=all