[HOAKS] - SMS PENERIMA DANA BANTUAN COVID-19 DARI PERTAMINA

Share :        
Senin, 05 Apr 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah SMS berisikan pemberitahuan bahwa pemilik nomor telepon yang menerima SMS telah terpilih dan mendapatkan dana bantuan Covid-19 dari PT Pertamina Persero.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman liputan6.com (25/03/2021), Agus Suprijanto Senior Vice President Corporate Communication & investor Relation Pertamina mengatakan PT Pertamina (Persero) tidak pernah membagikan dana bantuan Covid-19, apalagi mengirimkan pesan singkat yang beredar lewat sms.

Agus mengatakan, pesan itu adalah hoaks, tautan yang disematkan dalam sms tersebut bukan situs resmi dari PT Pertamina (persero).

KESIMPULAN

Informasi mengenai pemberitahuan bahwa pemilik nomor telepon yang menerima sms telah terpilih dan mendapatkan dana bantuan Covid-19 dari PT Pertamina Persero adalah tidak benar. Faktanya, PT Pertamina (persero) tidak pernah membagikan dana bantuan Covid-19, apalagi yang beredar lewat sms. Tautan yang disematkan dalam SMS tersebut bukan situs resmi dari PT Pertamina (Persero).

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4514676/cek-fakta-hoaks-pertamina-bagikan-dana-bantuan-covid-19-lewat-sms

2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/33602/hoaks-pertamina-bagikan-dana-bantuan-covid-19-lewat-sms/0/laporan_isu_hoaks

3. https://infopublik.id/kategori/cek-fakta/522947/cek-fakta-sms-dana-bantuan-covid-19-dari-pertamina