[HOAKS] - SPBU TERBAKAR PADA 1 JULI 2022 KARENA PEMBAYARAN PAKAI HP

Share :        
Rabu, 06 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook yang memperlihatkan sebuah SPBU terbakar. Dalam narasi yang ada dalam postingan tersebut, disebutkan bahwa kebakaran itu terjadi lantaran membayar menggunakan ponsel saat mengisi bensin.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com (04/07/2022), Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan bahwa video itu merupakan video lama.

Dari pengecekan yang dilakukan, peristiwa terjadi di area SPBU di daerah Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat pada 2020, dimana mobil pengangkut tabung gas elpiji 3 kilogram mengalami kebakaran. Irto pun berpesan kepada masyarakat untuk tidak begitu saja menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Video lama, diharapkan masyarakat bisa lebih bijak dalam menyebarkan informasi," ujarnya.

Mengacu kepada pemberitaan detik.com pada 24 Oktober 2020, Unit Manager Communication, Relation & CSR Marketing Operation Region III Eko Kristiawan mengatakan SPBU merupakan area berbahaya apabila konsumen tidak mengindahkan keselamatan.

Eko menjelaskan, mobil carry pick-up yang terbakar terindikasi merupakan pengecer LPG ilegal karena tidak terdaftar sebagai kendaraan pangkalan resmi LPG Pertamina. Padahal saat pengisian BBM, mobil carry tersebut membawa muatan lebih dari 30 tabung gas LPG. Pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

KESIMPULAN
Informasi tentang video SPBU terbakar dengan klaim lantaran membayar menggunakan ponsel pada 1 Juli 2022, adalah tidak benar. Faktanya, kejadian dalam video merupakan kejadian terbakarnya SPBU di daerah Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat pada 2020 yang disebabkan oleh mobil pengangkut tabung gas elpiji 3 kilogram yang terbakar lantaran tidak mematuhi aturan saat mengisi bahan bakar.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/04/155347582/hoaks-video-spbu-terbakar-pada-1-juli-2022-karena-pembayaran-pakai-hp?page=all#page2
2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-video-kebakaran-spbu-pada-1-juli-2022-efek-bayar-pakai-hp.html
3. https://otomania.gridoto.com/read/243358226/pertamina-buka-suara-video-kebakaran-spbu-ini-bukan-efek-beli-bensin-pakai-hp-berikut-faktanya?page=2
4. https://news.detik.com/berita/d-5227555/mobil-bermuatan-lpg-terbakar-di-spbu-cianjur-ini-kata-pertamina