[HOAKS] - SURAT MOHAMMAD HATTA KEPADA A.R. BASWEDAN TENTANG SUMPAH PEMUDA

Share :        
Jumat, 05 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook yang memuat sebuah surat yang diklaim berasal dari Mohammad Hatta dan ditujukan kepada A.R Baswedan. Dalam surat tersebut Bung Hatta menanggapi "Sumpah Pemuda Indonesia Keturunan Arab Tahun 1934" yang pernah dicanangkan oleh A.R Baswedan.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran tim Jalahoaks diketahui informasi tersebut tidak benar. Foto surat yang menyatakan Mohammad Hatta berpendapat bahwa ke-Indonesia-an orang Arab lebih baik dibanding orang Tionghoa pernah dibantah oleh Halida Nuriah Hatta yang merupakan anak bungsu dari Mohammad Hatta.

Dilansir dari historia.id (24/07/2019), Halida menyebut surat tersebut palsu dan isinya tidak sesuai dengan kepribadian Hatta.

"Itu sudah jelas palsu. Tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun masalahnya hal itu jangan dibiarkan," tuturnya.

Selain itu, sejarawan Asvi Warman Adam juga menjelaskan jika kebenaran dari surat tersebut perlu dikaji lebih dalam. Banyak faktor yang perlu diperhatikan, mulai dari keadaan politik saat surat itu dibuat, surat yang dikirim A.R Baswedan kepada Hatta sebelumnya, dan lain sebagainya.

KESIMPULAN
Informasi tentang surat yang diklaim berasal dari Mohammad Hatta dan ditujukan kepada A.R Baswedan, adalah tidak benar. Faktanya, putri bungsu dari Mohammad Hatta telah menegaskan bahwa seluruh isi surat tersebut merupakan kebohongan besar.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://historia.id/politik/articles/kisah-surat-hatta-untuk-baswedan-DEnna/page/1
2. https://turnbackhoax.id/2022/08/03/salah-surat-bung-hatta-pada-ar-baswedan/