[HOAKS] - SYARAT MEMBAYAR RP500 RIBU UNTUK MENGAKTIFKAN IMEI PONSEL HADIAH

Share :        
Senin, 20 Jun 2022

DISINFORMASI

Beredar di Aplikasi percakapan Whatsapp yang menyebutkan bahwa bisa mendapatkan hadiah handphone dengan garansi Apple iBox, dengan syarat bahwa penerima harus membayar Rp. 500 ribu untuk mengaktifkan kode IMEI.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi yang menyebutkan mendapatkan hadiah handphone dengan garansi Apple iBox, penerima diminta membayar Rp. 500 ribu untuk mengaktifkan kode IMEI adalah tidak benar.

Dilansir dari laman seputarcibubur.pikiran-rakyat.com (14/06/2022) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa pesan berantai sebagaimana terdapat pada aplikasi percakapan Whatsapp merupakan tindakan penipuan.

“Bea Cukai tidak pernah meminta sejumlah uang ke rekening pribadi dan tidak pernah melakukan pengancaman,” keterangan Ditjen Bea dan Cukai.

Kantor Bea dan Cukai Kementerian Keuangan juga meminta masyarakat melaporkan upaya penipuan itu ke aparat berwenang karena petugas Ditjen Bea dan Cukai tidak menggunakan nomor pribadi untuk menghubungi pihak pembayar bea cukai.

KESIMPULAN

Informasi tentang hadiah handphone dengan garansi Apple iBox, serta meminta penerima membayar Rp. 500 ribu untuk mengaktifkan kode IMEI adalah tidak benar. Faktanya Bea Cukai tidak pernah meminta sejumlah uang ke rekening pribadi. Modus ini merupakan modus penipuan yang sudah sering digunakan.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Tiruan/Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:

1. https://seputarcibubur.pikiran-rakyat.com/milenial/pr-1784732398/cek-fakta-apa-iya-bayar-rp500-ribu-untuk-aktifkan-imei-ponsel-hadiah?page=1

2. https://babel.antaranews.com/berita/280589/rp500-ribu-untuk-aktifkan-imei-ponsel-hadiah-adalah-hoaks#mobile-nav

3. https://www.satuharapan.com/read-detail/read/hoaks-aktifkan-imei-ponsel-dapat-hadiah-rp500000