Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - SEMUA AHLI JANTUNG DAN TERAPIS ADALAH PENIPU


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)
Kamis, 16 Mei 2024

[HOAKS] Semua Ahli Jantung dan Terapis Adalah Penipu

 

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial Facebook berisi klaim bahwa semua ahli jantung dan terapis adalah penipu.

PENJELASAN

Berdasarkan hasl penelusuran, telah diklarifikasi oleh cekfakta.tempo.co (03/05/2024) bahwa potongan video yang beredar merupakan acara talk show episode ketiga "Escuchatorio", di mana Don Francisco dan Dokter Diego Bernardini mengeksplorasi kunci penting pengetahuan diri yang harus kita ketahui untuk hidup utuh dan sehat. Video tersebut dipublikasikan di Facebook Don Francisco TV pada 17 Maret 2024 dalam bahasa Spanyol.

Selain itu, video lengkap percakapan antara Don Francisco dengan Dokter Diego juga dimuat di channel YouTube pada 11 Maret 2024 dengan berjudul “5 claves para la eterna juventud #DonFrancisco #Escuchatorio”.

Diketahui bahwa isi percakapan pada video aslinya adalah tentang resep untuk panjang umur yang baru dengan lima poin mendasar, yaitu kesibukan yang membuat tetap sehat, pembelajaran berkelanjutan, tantangan, ritus, dan transisi kehidupan baru, tidak takut akan keterbatasan (kematian), dan sikap terhadap kehidupan.

Dapat disimpulkan bahwa video yang beredar bukan tentang semua ahli jantung dan terapis adalah penipu.

KESIMPULAN

Informasi tentang semua ahli jantung dan terapis adalah penipu, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, video yang beredar adalah hasil suntingan dan tidak ada kaitannya dengan klaim yang beredar.

SUMBER FAKTA:

  1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/2877/keliru-video-berisi-klaim-semua-ahli-jantung-dan-terapis-adalah-penipu

  2. https://www.youtube.com/watch?v=McJaqqQQZHI

  3. https://www.facebook.com/reel/716207537379211

Bagikan: