[HOAKS] - SEMUA AKTIVITAS DI HANDPHONE TERPANTAU 100% OLEH BADAN SIBER & SANDI NASIONAL (BSSN)

Share :        
Rabu, 14 Okt 2020

DISINFORMASI
Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan tentang peraturan komunikasi baru bahwa semua aktivitas di handphone (HP) mulai dari aplikasi media sosial hingga panggilan telepon akan dimonitor oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran tim JalaHoaks, informasi tersebut telah diklarifikasi dalam situs resmi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI bssn.go.id (03/09/2018), melalui siaran pers berjudul "Press Release Pernyataan BSSN Terkait Informasi Hoax Tentang Pemantauan Aktivitas Komunikasi." Dalam siaran pers tersebut BSSN menyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Dijelaskan bahwa tidak ada pelanggaran privasi yang dilakukan BSSN dalam melakukan tugas dan fungsi menjaga keamanan ranah siber. BSSN hanya melakukan pengawasan untuk menemukan anomali trafik yang berpotensi mengganggu sistem informasi yang dilindungi, bukan pengawasan konten.

Dilaporkan dalam detik.com (13/10/2020), Juru Bicara BSSN, Anton Setiawan, mengatakan informasi yang beredar itu tidak benar. Anton mengatakan aktivitas komunikasi di ponsel adalah privasi masing-masing individu dan aktivitas itu dijamin oleh negara.

"Komunikasi di WA itu adalah privasi masing-masing individu, dijamin oleh negara," kata Anton.

Selain itu dilaporkan dalam liputan6.com (13/10/2020), ditemukan bahwa pesan berantai serupa juga pernah beredar pada 2017 silam dengan narasi berbeda, namun isinya sama yakni mewaspadai aktivitasi HP dipantau pemerintah. Pesan tersebut telah diklarifikasi dalam situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (11/09/2017), melalui artikel berjudul "Beredar Pesan Berantai WA dan FB Dipantau, Kemkominfo: Itu Hoaks." 

KESIMPULAN
Informasi tentang peraturan komunikasi baru bahwa semua aktivitas di handphone (HP) mulai dari aplikasi media sosial hingga panggilan telepon akan dimonitor oleh BSSN, adalah tidak benar. Faktanya, BSSN telah menyatakan bahwa informasi tersebut adalah hoaks dan tidak ada pelanggaran privasi yang dilakukan BSSN dalam melakukan tugas dan fungsi menjaga keamanan ranah siber.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://bssn.go.id/press-release-pernyataan-bssn-terkait-informasi-hoax-tentang-pemantauan-aktivitas-komunikasi/
2. https://news.detik.com/berita/d-5211184/beredar-broadcast-semua-aktivitas-di-hp-dipantau-bssn-pastikan-hoax
3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4380772/cek-fakta-muncul-lagi-hoaks-pesan-berantai-percakapan-hp-dipantau-pemerintah