[HOAKS] - SEORANG POLISI MENILANG KERETA API

Share :        
Senin, 18 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menampilkan seorang polisi sedang menilang kereta api.

PENJELASAN
Beredar hasil penelusuran Tim Jalahoaks, klaim tentang seorang polisi menilang kereta api adalah tidak benar. Dilaporkan dalam kompas.com (15/07/2022), Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung, Kuswardoyo menjelaskan bahwa petugas berseragam cokelat dalam video tersebut merupakan petugas keamanan (security) dari stasiun.

“Jadi bukan polisi ya,” kata Kuswardoyo.

Kuswardoyo mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di wilayah jalan Ciawi-Rajapolah. Saat itu, kereta api berhenti karena tertahan sinyal berupa semboyan 7 (S7) saat hendak masuk ke wilayah stasiun.

“Kondisi tersebut bisa terjadi karena jalur yang menuju stasiun belum dinyatakan aman dikarenakan sesuatu hal, atau adanya gangguan pada persinyalan,” jelas Kuswardoyo.

Dalam video itu, Kuswardoyo menjelaskan, kemungkinan besar terdapat gangguan sinyal, sehingga Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) memberikan bentuk melanggar sinyal (MS). MS tersebut merupakan izin dari PPKA kepada masinis yang menyatakan bahwa emplasemen dalam keadaan aman, tetapi sinyal tidak dapat ditarik aman karena ada gangguan pada sistem persinyalan tersebut.

“Pada video itu juga tampak ada petugas security dari stasiun yang menyerahkan bentuk MS kepada masinis,” ujar Kuswardoyo.

KESIMPULAN
Informasi tentang video yang menampilkan seorang polisi sedang menilang kereta api, adalah tidak benar. Faktanya, petugas berseragam cokelat dalam video tersebut merupakan petugas keamanan (security) dari stasiun yang menghentikan kereta karena terdapat gangguan sinyal.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/15/112200282/-hoaks-video-kereta-api-ditilang-polisi?page=all
2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-video-polisi-tilang-kereta-api.html
3. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8koZGqYb-cek-fakta-beredar-video-kereta-api-ditilang-polisi-begini-faktanya