[HOAKS] - SERTIFIKAT KEAMANAN TRANSAKSI TERBARU DARI PPATK

Share :        
Senin, 25 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sertifikat keamanan dana investasi yang diklaim dikeluarkan oleh pihak Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan RI (PPATK).

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa sertifikat tersebut tidak benar. Diketahui bahwa pihak PPATK sudah memberikan klarifikasinya melalui akun Instagram terverifikasinya di @ppatk_indonesia (05/02/2022). Pada postingan klarifikasinya, pihak PPATK menyatakan bahwa sertifikat yang beredar merupakan modus penipuan yang mencatut PPATK.

“Penipuan mengatasnamakan PPATK dengan modus meminta sejumlah dana kepada masyarakat melalui WhatsApp tengah marak. Pelaku mengaku dari PPATK dan menunjukkan berbagai dokumen seperti sertifikat, bilyet giro, ataupun atribut memyerupai dokumen resmi PPATK lainnya,” tulis @ppatk_indonesia.

KESIMPULAN
Informasi yang memuat sertifikat keamanan dana investasi yang diklaim dikeluarkan oleh PPATK, adalah tidak benar. Faktanya, pihak PPATK sudah membantahnya dan menyatakan sertifikat tersebut sebagai bentuk penipuan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.instagram.com/p/CZmMC7ABxKc/
2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-ppatk-keluarkan-sertifikat-keamanan-dana-investasi.html
3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5015606/cek-fakta-hoaks-ppatk-keluarkan-sertifikat-untuk-keamanan-dana-investasi